Udara Jambi Dekati Bahaya

Udara Jambi Dekati Bahaya

 

Kesehatan Anak Terancam

JAMBI – Udara kota Jambi kemarin sudah mendekati status bahaya. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dari pantauan pihak Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Jambi sudah mencapai 97. Sementara ISPU dalam status bahaya dengan angka 100.

‘’ISPU 97 belum berbahaya untuk kesehatan,’’ tutur Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Polisman Sitanggang, melalui Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Penyakit, Erwan Mujio, kemarin.

Pihaknya mengaku akan terus mengecek tingkat pencemaran udara kota Jambi tersebut. Bahkan, dalam dua atau tiga hari kedepan sebutnya, jika status udara meningkat menjadi bahaya, maka sudah disiapkan masker untuk diberikan kepada masyarakat.

‘’Seharusnya tadi (kemarin, red) kami mendistribusikan masker tersebut. Tetapi, karena hari hujan, makanya tak jadi,’’ sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, M Rifa’i mengaku belum berniat meliburkan siswa. Karena, belum adanya rekomendasi dari Dinkes.

 “Kalau dari dinas kesehatan sudah menyatakan tidak sehat lagi, baru kita meliburkan. Untuk saat ini kita belum terima kabar kalau keadaan saat ini membahayakan,” tegasnya.

Tapi, pihaknya mengaku sudah mengeluarkan surat edaran, agar pihak sekolah mengurangi kegiatan di luar ruangan kelas.

Sedangkan Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandara Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Gumilang, menyatakan, jarak pandang normal.

‘’Prakiraan musim penghujan tahun 2012-2013 untuk wilayah kota Jambi di prediksi pertengahan September dan Awal Oktober,’’ tukas Gumilang.

Seperti diketahui, saat ini sendiri jumlah penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Provinsi Jambi sebanyak  169.169 orang.  Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penderita, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi, akan membagikan sebanyak 50.000 masker. Sedangkan BPBD sebanyak 5.000 masker.  Dengan demikian, total keseluruhan yang akan di bagikan sebanyak 55 ribu masker.

‘’Kepada seluruh masyarakat agar tidak main di luar. Meskipun di luar, harus menggunakan masker. Apalagi untuk anak-anak dan Usia Lanjut (Usila),’’ tutur Kadis Kesehatan Provinsi Jambi, dr Andi Pada MKes.

          Kepala BPBD Provinsi  Jambi, Zubaidi, AR membenarkan bahwa, BPBD juga akan menambah lagi sebanyak 5.000 masker. “Hari ini (kemarin,red) kita telah membagikan 3000 masker. Kalau ISPU ini terus naik  rencananya akan kita tambah lagi 5000 masker dengan bekerjasama dengan Jamsostek,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: