Holcim Siap Bangun Tuban II

Holcim Siap Bangun Tuban II

SURABAYA-Kebutuhan semen yang terus meningkat membuat produsen gencar membangun pabrik baru. PT Holcim Indonesia Tbk, salah satunya, yang sudah berancang-ancang mendirikan pabrik di Tuban. Padahal, pembangunan pabrik semen baru mereka masih mencapai 34 persen.

  Presiden Direktur (CEO) Holcim Indonesia, Eamon Ginley mengatakan pabrik semen Holcim di Jatim itu mulai operasional pada akhir 2013 mendatang. \"Setelah Tuban I selesai, kita siap next project (Tuban II),\" katanya saat berkunjung ke redaksi Jawa Pos kemarin .

                  Pabrik semen Holcim yang dibangun di Tuban berkapasitas produksi 1,7 juta ton. Pabrik itu menelan investasi USD 450 juta. Pabrik di lahan 79 hektare yang berada di Desa Merawang, Kecamatan Tambakboyo, Tuban itu memanfaatkan lahan tambang batu kapur seluas 288 hektare yang berada di 6 desa di sekitar pabrik. \"Dengan berproduksinya pabrik baru maka, kapasitas total menjadi 10 juta ton per tahun,\" tuturnya.

  Saat ini, Holcim mengoperasikan dua pabrik yakni, di Narogong, Jawa Barat, dan di Cilacap, Jawa Tengah. \"Pabrik kami berada di posisi yang tepat, di Jabar, Jateng, dan selanjutnya di Jatim. Itu posisi yang bagus,\" tegas Eamon.

  Eamon mengutarakan, prospek bisnis semen di Jatim maupun Indonesia Timur tetap bagus di masa depan. Pada semester I 2012 ini, tingkat pertumbuhan permintaan semen secara nasional di level 15 persen. Karena itu, pembangunan pabrik semen baru yang membutuhkan tempo pembangunan 3 sampai 4 tahun akan dilakukan korporasi ini. \"Mungkin kapasitas pabrik di Tuban tak beda jauh dengan pabrik yang pertama,\" ucapnya.

(res/aan/bil/dio)

 

 

Sumber: