Pilwako Jambi Diundur

Pilwako Jambi Diundur

Berbenturan dengan Tahapan Pileg

JAMBI-Hari pemungutan suara Pilwako Jambi yang semula direncanakan digelar pada 30 Mei 2013 diundur menjadi akhir Juni 2013 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Jambi Ferry Prayitno kepada harian ini kemarin (04/10).

“Pilwako diundur sekitar satu bulan dari rancangan sebelumnya. Sebelumnya dalam rancangan kita, hari pemungutan suara 30 Mei diundur menjadi 29 Juni 2013,” ujarnya disela-sela acara sosialisasi UU Pemilu Tahun 2014 dan tata cara verifikasi parpol yang bertempat di Hotel Nusa Wijaya.

Menurutnya, pengunduran tersebut dikarenakan ada beberapa tahapan Pilwako yang berbenturan dengan tahapan Pemilu Legislatif yang saat ini sudah mulai berjalan.

“Karena ada jadwal yang tabrakan, makanya ini kita undur. Tapi ini belum kita plenokan, baru sebatas rancangan,” paparnya.

Dengan diundurnya jadwal hari pemilihan orang nomor satu di Kota Jambi ini, otomatis tahapannya juga ikut diundur. Seperti untuk perekrutan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang semula direncanakan dimulai sekitar Desember 2012 diundur menjadi Januari 2013.

“Setelah perekrutan PPK dan PPS awal Januari, kemudian pada Februari pengumuan pendaftaran kandidat perorangan dilanjutkan dengan penyerahan bukti dukungan. Calon dari parpol juga mengambil formulir pendaftaran,” tuturnya.

Selanjutnya, Maret penyerahan berkas persyaratan kandidat, baik dari parpol maupun kandidat dari jalur perseorangan. “Baru Mei penetapan calon,” sebutnya.

Sedangkan untuk masa kampanye, diperkirakan dimulai pada awal Juni 2013. “Itu dihitung mundur tiga hari untuk masa tenang, dan 14 hari untuk masa kampanye sebelum hari pemungutan suara,” tandasnya.

Disinggung soal perkirakan maksimal jumlah kandidat yang bisa maju untuk memperebutkan BH 1 AZ tersebut, dikatakan Ferry dari partai politik maksimal lima pasangan kandidats sedangkan dari jalur perorangan maksimal tiga kandidat.

(cas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: