Bentuk Kampung Siaga Bencana

Bentuk Kampung Siaga Bencana

Antisipasi Banjir, Lokasi Dusun Sungai Tilan

 
MUARATEBO – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Kabupaten Tebo akan membentuk kampung siaga bencana (KSB). Dalam pembentukan KSB ini, Disosnakertrans memberdayakan masyarakat dalam mengantisipasi datangnya banjir.

“Kami akan membentuk KSB, untuk itu kami akan berdayakan masyarakat sekitar,” ujarnya Kepala Dinas Sosnakertrans Kabupaten Tebo, Alfi Rinaldi kepada harian ini.

Dirinya mengatakan, lokasi ditetapkan di dusun Sungai Tilan, Desa Aburan Batang Tebo, Kecamatan Tebo Tengah. \"Warga sekitar setuju dengan program kami ini,” katanya.

Ada sebanyak 55 warga yang terdiri dari bapak-bapak serta ibu-ibu mengikuti pelatihan tentang Kampung Siaga Bencana dari Dinas Sosnakertran Provinsi jambi dan Sosnakertran Kabupaten Tebo. KSB adalah suatu wilayah komunitas yang disiapkan untuk mengelola seluruh aspek dan proses penanggulangan bencana berbasis komunitas.

Kegiatan ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengendalian. Hal ini dilakukan agar masyarakat memiliki kemampuan melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan pengurangan ancaman, risiko dan dampak bencana.

“Ini adalah pengembangan Kampung Siaga Bencana dengan mengadakan pelatihan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengendalian,” katanya.

Kegiatan pengembangan KSB ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kesiagaan masyarakat dusun Sungai Tilan khususnya dalam menanggulangi bencana.

“KSB ini bertujuan agar masyarakat dusun sungai tilan memiliki kemampuan dan kompetensi dalam mengenal dan menanggulangi bencana, karena dusun sungai tilan Rawan Terjadi banjir,” kata  Alfi

Alfi menambahkan, sebanyak 55 warga tersebut akan dibagikan dalam lima kelompok dan terus dilakukan bimbingan oleh kelompok Tagana Kabupaten Tebo. Pelatihan KSB ini akan memakan waktu selama tiga hari.

 “Alhamdulillah, masyarakat sungai tilan sangat merespon kegiatan pelatihan KSB ini, mereka sangat bersemangat mengikuti pelatihan yang di berikanm,” pungkasnya.

(fad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: