80 Pesen Camat Berkualitas Rendah

80 Pesen Camat Berkualitas Rendah

MERANGIN - Dalam Rapat Camat se-Kabupaten Merangin semester ke III Tahun 2012 di ruang pola Kantor Bupati Merangin, Selasa (16/10) kemarin, terungkap kinerja sebagian besar camat di Merangin sangat rendah bahkan memperihatinkan.

            ‘’Dari hasil evaluasi di lapangan, masih banyak camat yang belum melaksanakan tugasnya dengan baik. Bahkan, 80 persen camat di Merangin belum membuat rencana kerja dan belum memiliki papan monografi. 70 persen belum tertib adminitrasi dan 50 kecamatan belum memberikan laporan tepat waktu,’’ sebut Asisten 1 Setda Merangin, Suhaibi SAg MSi.

            Namun demikian, katanya, raker camat yang dihadiri 24 camat yang di dihadiri Staf Ahli, Asisiten, Kepala Badan, Dinas di lingkungan Pemkab Merangin, untuk mengevaluasi permasalahan di kecamatan yang tidak bisa diselesaikan di tingkat kecamatan, untuk kemudian diselesaikan di tingkat kabupaten.

            Sementara Wakil Bupati Merangin, Drs. Hasan Basri Harun, sangat menyayangkan jika para camat yang telah diberi kepercayaan untuk menjalankan kegiatan di tingkat kecamatan bekerja tidak maksimal, apalagi menunjukkan prestasi terbaiknya. HBH sendiri kemarin mengaku kalau dirinya sejauh ini belum tahu pasti, soal camat yang tidak mampu bekerja dengan baik dilapangan. ‘’Apa masalahnya, saya tidak tahu. Apa rekrut camat yang salah atau memang camat tidak mau berprestasi,’’ katanya.

            Untuk itu Wabup meminta ke depann sebelum diangkat menjadi camat, yang bersangkutan sudah pernah menjadi Sekcam (Sekretaris Kecamatan) dan mengikuti pendidikan agar para camat dapat menjalankan tugas dengan baik. ‘’Selain itu, para camat terus belajar mengasah diri, karena banyak juga ilmu yang didapat dengan cara belajar sendiri dan tidak mesti di bangku sekolah,’’ tuturnya.

            Meski sejumlah camat dianggap ‘parah’, namun sejumlah camat dalam raker menerima penghargaan karena diangap berprestasi. Berdasar SK bernomor 257/Pem/2012, Abdul Lajik, Camat Tabir Timur dinilai sebagai camat terbaik pertama. Diurutan kedua adalah Drs. Suhelmi yang kini Camat Renah Pamenang, diurutan ke III terbaik diraih Camat Jangkat, Ladani. Ketiga camat ini mendapat sejumlah hadiah berupa uang. Sementara untuk harapan terbaik I Camat Margo Tabir, Budiman, ditempat kedua Camat Pamenang Selatan, Suryatin dan harapan ke III Drs. Taruna, Camat Taiang Pumpung. Wakil Bupati Merangin didampingi Asisten I Suhaibi, menyerahkan langsung penghargaan kepada camat terbaik dan harapan tersebut.

(bjg)

Sumber: