Swakelola Serap Tenaga Kerja

Swakelola Serap Tenaga Kerja

MERANGIN - Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Merangin, saat angka pengangguran mencapai 15.541 jiwa dari 341.563 jiwa penduduk Merangin. Artinya angka pengangguran yang dicatat BPS tahun 2011 menyatakan 4,55 persen warga masih menganggur. Data tersebut tentunya masih bisa berubah, sebab secara umum setiap harinya selalu ada warga yang sudah bekerja. Apalagi sudah memasuki tahun 2012 ini.

            Sayangnya, pengangguran yang sudah memiliki kartu kuning atau kartu pencari kerja yang dicatat pemerintah jarang sekali melaporkan perkembangan terbaru. Sebab, sampai saat ini pemerintah melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Merangin, belum menerima laporan warga yang ternyata sudah mendapatkan pekerjaan.

            ‘’Data pengangguran di Merangin per 2012 tentu banyak perubahan. Akan tetapi terkait dengan pendataan dari BPS, pihaknya juga tidak mengetahui persis skala atau kategori dan kapan BPS melakukan survey kepada penduduk Merangin. Yang jadi masalah, warga yang sudah memiliki kartu pencari kerja (Kartu Kuning) banyak yang tidak melaporkan kembali terkait mereka yang ternyata sudah bekerja. Saya yakin, angka pengangguran sudah menurun. Dan hal ini akan kita survey langsung dalam waktu dekat,’’ kata             Kepala Sosnakertrans Merangin Drs Sardaini.

            Terpisah, Tim Satuan Kerja (Satker) PNPM Pisew Merangin, Aspan, selaku pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui PNPM Pisew, mengatakan tahun 2012 ini sudah memberdayakan masyarakat dalam kegiatan PNPM Pisew sebanyak Hari Orang Kerja (HOK) 93.984 orang. Malahan, realisasi HOK melebihi target yang mencapai 100,51 persen. Dalam kegiatan PNPM Pisew tahun 2012 terdapat 529 Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD).

            ‘’Angka serapan tenaga kerja ini riil yang sudah dilakukan PNPM Pisew selama kegiatan 2012, dan total swadaya masyarakat mencapai Rp 4.4 Miliar atau 22.38 persen dari alokasi dana yang tersedia. Ini juga jelas, pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PNPM Pisew dapat menurunkan angka pengangguran di Merangin,’’ pungkas Aspan.

(bjg)

Sumber: