Serapan Dishut dan Dikbudpora Terendah

Serapan Dishut dan Dikbudpora Terendah

MUARATEBO – Dinas Kehutanan (Dishut) dan Dinas Pendidikan Kabudayaan dan Olah Raga (Dikbudpora) merupakan SKPD dengan serapan anggaran terendah di Kabupaten Tebo.

Banyaknya pekerjaan dan kegiatan yang tak terlaksana oleh dua SKPD ini, menyebabkan rendahnya serapan anggaran. Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Tebo, Agus Sunaryo menyebutkan hal ini.

“Untuk saat ini ada dua SKPD di Kabupaten Tebo terbilang paling rendah realisasi penyerapan anggarannya. Ini dikarenakan masih banyaknya kegiatan yang tidak terlaksana dan belum tuntas dikerjakan,” ujarnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, seperti di Dinas Kehutanan, banyak anggaran yang tak terserap karena beberapa kendala. “Kita tidak tahu pasti apa alasannya kenapa, karena berdasarkan informasi yang kami dapatkan, contohnya seperti anggaran DBH-DR, dari anggaran sebesar  Rp.3.467.845.608, hanya 40% yang direalisasikan,” jelasnya.

Sementara untuk Dikbudpora Kabupaten Tebo, minimnya serapan untuk realisasi anggaran ini dikarenakan banyak pekerjaan yang belum tuntas dan yang belum terlaksana sama sekali.

“Seperti Dana DAK tahun anggaran 2012, terlambat terlaksana karena petunjuk teknis (juknis) untuk pengerjaan kegiatan tersebut dari Kementrian  Pendidikan Nasional (Kemendiknas) belum ada,” pungkasnya.

(fad) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: