Muthia, Juara 1 Nasional

Muthia, Juara 1 Nasional

Lomba Bercerita

MUARABUNGO– Muthia Nur Tsabita (9), siswi SD 81/II Muara Bungo membanggakan Provinsi Jambi di Kancah Nasional. Kebanggaan terbesar tentunya dirasakan oleh Kabupaten Bungo.  Muthia meraih prestasi di tingkat nasional, dalam perlombaan bercerita dengan tema “Gemilang Perpustakaan Nasional”.

Lomba ini sendiri berlangsung tanggal pada 9 hingga 12 Oktober lalu di Merlynn Park Hotel, Jakarta. Muthia berhasil menyisihkan peserta lain, sebanyak 32 kontestan dari 32 Provinsi di Indonesia.

Siswi kelahiran 23 September 2003 yang kini duduk di kelas IV, merupakan peserta termuda dalam kategori lomba bercerita. “Muthia termasuk peserta termuda yang mengikuti perlombaan ini,” ungkap Ferli Montana, Ibu Muthia.

Bagi Montana, prestasi yang diraih tersebut merupakan kebanggaan bagi keluarga. Sebab, Muthia bukan baru mengikuti perlombaan itu, dia sudah berkali-kali mengikuti perlombaan serupa, baik dalam tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan yang terakhir tingkat nasional.

Walau pertama kali mengikuti perlombaan bercerita tingkat nasional, tetapi prestasi yang diprolehnya sangat membanggakan Propinsi Jambi. Ketika ditemui di kantor Bupati Bungo, Muthia bercerita bagaimana perjuangannya hingga menjadi peserta terbaik.

“Untuk babak penyisihan, saya membawakan cerita Bujang Jambi dan ketika finalnya, saya membawakan cerita Putri Tangkuk,” ucapnya.

Meski dirinya bersaing dengan puluhan peserta lain dari berbagai provinsi di Indonesia, dirinya mengaku sudah melakukan persiapan sebelum tampil. Menganggapi prestasi anak didiknya ini, kepala SD Negeri 81/II Muara Bungo, Salvano Rahita mengaku bangga.

“Muthia ini memang anaknya luar biasa, agak berbeda dengan teman-temannya yang lain dan anak ini bermental baja dan tentunya kami sangat bangga memiliki anak didik seperti ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap, prestasi Muthia tersebut bisa menjadi motivasi bagi peserta didik lainnya. Tidak hanya dalam bidang bercerita saja, namun dalam bidang lainnya.

(cr8)

Sumber: