Diam-diam, Sekda Batanghari Diganti

Diam-diam, Sekda Batanghari Diganti

JAMBI – Secara diam-diam, rupanya Sekda Batanghari, Yazirman diganti. Proses penggantian sekda itupun saat ini sedang digodok di Pemprov Jambi. Kemarin, dilakukan fit and proper test Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batanghari itu. Pada fit and proper test ini, diikuti tiga orang calon. Diantaranya, Ali Redo, M Hatta, AK dan Baihaki.

       Ali Redo, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jambi disebut-sebut sebagai calon kuat. Kemarin, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Ir Syarahsaddin, yang juga Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Bapperjakat) Provinsi Jambi mengatakan, akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap tiga calon itu.

       “Ia, Rabu (Kemarin, red) kita lakukan fit and propert tes,” katanya.

       Namun demikian, Syahrasaddin juga tidak membantah jika disebut Ali Redo sebagai calon kuat Sekda Batanghari. Akan tetapi, menurutnya tergantung dari keputusan pusat.

       “Kita ajukan ke pusat terlebih dahulu,” kata dia. Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Amir Syakib mengatakan, tes tersebut dilakukan selama empat jam.

       “Tes sudah kita lakukan kemarin, diruang rapat Sekda Provinsi jambi,” tandasnya.

Dalam tes tersebut, diakuinya, Ali Redo memang mempunyai kemampuan yang lebih, dbandingkan calon yang lain.

       “Dari hasil tes, Ali Redo calon kuat,” tandasnya.  Hasil tersebut, akan dikirim ke Jakarta. Rencananya, suratnya akan segera dikirim ke pusat untuk persetujuan dari Menteri dalam Negeri (Mendagri).

       Hasilnya, diperkirakan tidak akan memakan waktu lama. Menurutnya, hasilnya, satu Minggu atau dua Minggu saja.

Sementara itu, dari Merangin dipastikan, Suhaibi yang saat ini menjabat sebagai Asisten I Setda Pemkab Merangin dipastikan menjadi Sekda. Jabatan yang ditinggalkan oleh Drs Khafid Moein MM tersebut, akan segera diembannya. Ini menyusul adanya sinyal kuat dari Bupati Merangin, H Nalim.

“ Untuk jabatan peltu sekda diangkat Asisiten I Suhaibi, sambil menunggu yang depenitif, “ kata Nalim.

       Menurut Nalim, untuk pelantikan sekda akan dilakukan dalam waktu dekat. Apalagi Keputusan Gubernur soal pengangangkatan Peltu sekda memang sudah ada. Dalam pelantikan Sekda nantinya, bupati akan mengundang Drs Khafid Moein, MM untuk hadir. Pasalnya menurut Nalim, Khafid orang yang selama ini telah bekerja dengan baik,  meski kini Khafid mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Merangin, hal ini kata Nalim tidak masalah.

 “ Insya Allah pada pelantikan peltu Sekda, kita akan mengundang Khafid Moein untuk datang menghadiri. ” tandasnya.

(fth/bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: