Hotel Duta \"Pembohong\"

Hotel Duta \

Tak Ada Lahan Parkir, Manfaatkan Lahan Pemkot

JAMBI- Hotel Duta yang kini sudah  beroperasi di kawasan Pasar Jambi, dinilai pembohong oleh Komisi B DPRD Kota Jambi.

                Pasalnya, saat sidak Komisi B di hotel tersebut, kemarin,  diketahui hotel yang berkapasitas 57 kamar itu itu tidak mempunyai lokasi parkir khusus.

“Kita juga di dampingi dari pihak Duta Hotel turun di lapangan untuk melihat area parkir mereka. Mereka menyampaikan, ada wilayah parking value dalam wilayah eks bioskop ria yang katanya punya mereka. Kita cek ke dalam, ada keanehan. Menurut hemat kami , mereka berbohong.  Kenapa begitu, mereka menyampaikan, bahwa jika di wilayah depan hotel Duta penuh (parkirnya, red), mereka mengalihkan mobil yang menginap disana memarkirkan di wilayah parking value,” ujar Wakil Ketua Komis B DPRD Kota Jambi M Fuad Safari.

“Namun kondisi di lapangan, saat kami melihat kondisi di area eks bioskop itu kondisi pagarnya digembok. Yang lebih lucunya lagi, sampai di dalam, jejak kendaraan roda empat dan roda dua itu tidak ada. Kan bisa lihat sendir tadi rumput juga tinggi. Artinya diduga ada kebohongan dari perwakilan duta yang menyambut kami tadi,” jelasnya.

Hanya saj,  saat sidak ke hotel itu,  penanggung jawab hotel sedang tak berada di tempat. Komisi B disambut oleh salah seorang staf hotel Duta, Riani.

“Parkir kami di eks bioskop ria. Kami menerapkan parking value di eks gedung bioskop ria itu,” kata Riani kepada anggota Komisi B.

Ketua Komisi B DPRD Kota Jambi, Junedi Singarimbun menegaskan, jika hotel Duta tak mempunyai lahan parkir.

“Lahan parkir masih dipersiapkan di eks bioskop ria. Sementara hotel Duta sudah beroperasil. Artinya, mereka menggunakan fasilitas Pemkot yang di depan hotel,” ungkapnya.

Sebelumnya, kawasan depan eks bioskop ria merupakan tempat berjualan bagi PKL. Namun, oleh aparat terkait, ditertibkan karena lokasi itu akan dijadikan kawasan tertib lalu lintas. Akan tetapi, saat ini, lokasi itu malah dimanfaatkan pihak hotel untuk dijadikan lahan parkir.

Bahkan, manajemen hotel duta dengan santainya memasang rambu di depan bangunan eks bioskop ria dengan tulisan ‘khusus parkir tamu hotel’. Seolah, lahan itu memang mereka yang memilikinya.

“Jadi mereka memang menggunakan lahan Pemkot. Ini bukan dugaan lagi, tapi memang disana mereka parkirnya,” jelasnya.

Akan tetapi, pihaknya mengatakan, hal itu bukan semata kesalahan dari Pemkot. Mereka menilai, hal ini juga disebabkan oleh kelalaian dari pihak Pemkot dan lemahnya pengawasan.

 “Kita juga tak semata-mata menyalahkan Duta. Namun juga Pemkot yang mengeluarkan izin dengan belum lengkapnya fasilitas hotel itu juga harus disalahkan. Kita dapat informasi dari staf hotel, mereka sudah mengajukan surat untuk merubuhkan eks bioskop ria. Kami himbau agar pemkot mengeluarkan izin itu segera dengan syarat-syarat perubahan izin yang dibutuhkan harus dipenuhi dan dicek kembali,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: