PAD Candi Meningkat 200 Persen

PAD Candi Meningkat 200 Persen

SENGETI – Tahun 2012, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata, khususnya dari Candi Muaro jambi mengalami peningkatan pesat. Bahkan peningkatan PAD diklaim mencapai 200 persen dari target yang dibebankan.

            ‘’Dengan meningkatnya pengunjung di Candi, tentunya juga menambah PAD untuk Kabupaten Muarojambi terutama dari penjualan karcis,’’ jelas Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Nursubiantoro.

            Nursubiantoro menjelaskan, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, target PAD yang dibebankan ke Dinas Pariwisata hanya sebesar Rp. 7,5 juta, tetapi sangat sulit tercapai. Namun, tahun ini, meskipun di bebankan hingga Rp. 40 juta tetapi justru telah melampaui target.

            Dipaparkannya, jika target PAD yang dibebankan sebesar Rp. 40 juta. Sedangkan pendapatan yang telah tercatat dari karcis candi telah mencapai Rp. 67 juta terhitung per awal oktober. Sementara masih ada waktu hingga 2 bulan mendatang. Sehingga dipastikan PAD di kabupaten muaro jambi akan mencapai 200 persen. ‘’Per Oktober target PAD sudah lebih dari 100 persen, dan tidak menutup kemungkinan akan tercapai 200 persen hingga Desember mendatang,’’ sebutnya.

            Jika dibandingkan dengan tahun lalu PAD Pariwisata juga mengalami kenaikan. Kenaikan tahun dulu hanya sebesar Rp 20 juta. Sehingga kemudian dinaikan target pencapainya menjadi Rp 40 juta dan di tambah lagi Rp 10 juta. Namun, semuanya tercapai sesuai target.

            Ditambahkannya, sumber PAD di Candi Muarojambi ini berasal dari tiket masuk yang dikelola Pemkab Muarojambi. Sedangkan dari parkir, memang belum dikelola oleh pemkab. Tetapi kedepannya, sektor tersebut juga tidak menutup kemungkinan akan dilirik.

            ‘’Saat ini Pemkab Muarojambi terus melakukan pembenahan pada komplek candi Muarojambi,  salah satunya dengan mengadakan jasa penyewaan sepeda. Bagi pengunjung yang ingin mengeliling candi bisa menggunakan sepeda yang disewakan warga sekitar. Selain juga melakukan sedikit penambahan fasilitas candi,’’ tandasnya.

(era)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: