Stok Hewan Kurban Tanjabbar Aman

Stok Hewan Kurban Tanjabbar Aman

KUALA TUNGKAL - Kepala Dinas Peternakan Hamzah melalui Kabid Produksi, Rimon, mengatakan menyambut Hari Raya Idul Adha, pihaknya sudah menyiapkan stok untuk hewan kurban di Tanjab Barat. ‘’Stok hewan kurban untuk Tanjab Barat sudah aman dan tidak ada msalah. Bahkan, sebagian sudah disalurkan kepada pedagang,’’ tuturnya.

            Dikatakannya, dari kelompok tani binaan Disnak Tanjab Barat hewan untuk Kurban sudah terjual sebanyak 30 unit dari hasil penggemukan, sedangkan yang sudah ada ditangan pedagang sebanyak 250 ekor sapi. ‘’Semua sudah kami persiapkan. Apabila nantinya tetap ada kekurangan dari stok yang ada, bisa kami ambil dari Lampung dan Muara Bulian nantinya,’’ ungkapnya.

            Terkait kemungkinan akan adanya lonjakan harga, Rimon menyebutkan pihaknya tidak bisa mengintervensi soal harga kepada pedagang. ‘’Kami tidak bisa ikut campur soal harga, namun kita sudah ada pasar ternaknya sekarang,‘’ sebutnya.

            Terpisah, Kabid Keswan dan Kesmavet, Sri Rezeki, menyebutkan pihaknyanya akan memantau kesehatan hewan Kurban dari lalu lintas perdagangan yang akan datang ke Tanjab Barat. Kemudian mengerahkan petugas kesehatan untuk memeriksannya. ‘’Hewan yang didatangkan dari luar, harus ada surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal hewan tersebut,‘’ katanya.

            Sedangkan dari kantong-kantong ternak dari dalam Tanjab Barat sendiri sudah dilakukan pemeriksaan kesehatannya, baik untuk yang mau dipotong maupun untuk hewan Qurban. ‘’Yang dari binaan kami pun, hewan sudah diperiksa kesehatannya dan tidak ada masalah,’’ tandasnya. (ydn/imm/jenn)

 

 

Oekkkkkkkk////////emy

FOTO: DOK/TE-JENN

Teks foto ancam

Arif Munandar

-----

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: