Keuangan Pemkab Rendah

Keuangan Pemkab Rendah

Wagub Minta Pemkab Gali Potensi PAD

MUARA BUNGO - Kemampuan keuangan Pemda kabupaten Bungo masih dikategorikan rendah. Hal ini terlihat dari berdasarkan perubahan APBD tahun 2012 . Karena pada rasio Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap total belanjanya menunjukkan rasio yang baru mencapai 8,61 persen.

          Kondisi tersebut mendapat sorotan dari wakil gubernur Jambi, H. Fachrori Umar. Katanya, Pemda Bungo harus bisa untuk lebih menggali sumber PAD yang mungkin belum maksimal.

“Untuk Kabupaten Bungo, rasio PAD terhadap total belajanya memang masih rendah. Ini data yang ada pada kita,” ujar Wagub dalam sambutannya dalam paripurna HUT Kabupaten Bungo ke-47, Kamis (18/10).

Diteruskannya, pemerintah daerah dalam hal ini harus dapat bertindak secara kreatif dan inisiatif dalam menggali sumber daya keuangan yang ada.

“Untuk itu, kami menghimbau supaya hal ini dibenahi dan terus dipacu untuk ditingkatkan,” jelasnya diwawancarai usai paripurna.

Dirinya juga menyampaikan, supaya dalam menggali sumber daya ekonomi daerah juga harus disikapi dengan arif, supaya tidak menimbulkan dampak jangka panjang akibat ketidak arifan tersebut.

Masih menurut wagub, otonomi daerah memberikan kesempatan luas kepada pemerintah daerah untuk mengembangkan kebijakan regional dan lokal, dalam rangka mengoptimalkan potensi ekonomi di daerah.

(ari/jenn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: