>

Korban Tugas Negara

Korban Tugas Negara

MADRID - Real Madrid menjadi klub yang paling dirugikan pada jeda internasional lalu. Mereka kehilangan tiga fullback-nya sekaligus, yakni Marcelo, Alvaro Arbeloa, dan Fabio Coentrao, setelah membela negaranya masing-masing.

                Paling parah dialami Marcelo. Bek kiri timnas Brasil itu mengalami cedera patah tulang metatarsal ketika menjalani latihan jelang melakoni friendly game melawan Jepang (16/10). Dia terpaksa harus absen selama tiga bulan.

                Apes buat Real karena sebelumnya Coentrao sudah lebih dulu cedera ketika Portugal kalah dari Rusia 0-1 (12/10). Ketika Mourinho sibuk mencari solusi absennya dua fullback kirinya itu, kembali datang kabar bahwa Arbeloa cedera.

                Persiapan melawan Celta Vigo pada jornada kedelapan Primera Division Spanyol (20/10) serta menghadapi Borussia Dortmund pada matchday ketiga Liga Champions (16/10) pun terganggu. Mourinho harus mencari solusi instan.

                \"Sungguh luar biasa, hanya dalam tujuh hari, tiga bek kami hilang. Tetapi, saya yakin bos bisa mendapatkan solusi untuk menutupi masalah itu,\" kata Xabi Alonso, gelandang bertahan Real dan timnas Spanyol, seperti dikutip Soccernet.

                Tanpa tiga fullback itu, maka Mourinho mungkin saja akan mengutak-atik posisi Sergio Ramos dari bek tengah. Dia bisa digeser ke kiri dan tengah akan dihuni duet Raul Albiol dan Ricardo Carvalho. Lalu di bek kanan pemain muda seperti Nacho atau Jorge Casado mungkin diberi kesempatan.

                Selain tiga bek itu, beberapa pemain Real lainnya juga ada yang pulang dari membela negaranya dalam kondisi yang kurang fit. Di antaranya Karim Benzema, Gonzalo Higuain, Sami Khedira, dan Raphael Varane yang sengaja tidak diikutkan dalam sesi latihan.

                \"Kami harap situasi yang sama tidak terjadi pada penyerang kami,\" jelas Alonso.

                Karena kerugian yang diakibatkan tugas negara, FIFA terancam harus membayar gaji Marcelo di Real. Itu sesuai dengan artikel 1 dari program proteksi klub yang mulai diberlakukan FIFA pada Mei lalu. Sesuai aturan itu, FIFA harus menggaji pemain yang cedera selama 28 hari beruntun usai membela negara.Di Real, gaji Marcelo di luar bonus sebesar 2,3 juta euro per tahun.

                Selain Real, Liverpool menjadi klub yang cukup dirugikan. Setelah kehilangan Fabio Borini, sekarang giliran kiper Pepe Reina yang menyusul cedera. Kehilangan Reina bisa menjadi masalah yang lebih besar karena dia kiper utama.

                Reina mengalami cedera hamstring ketika melakukan pemanasan pada babak kedua ketika Spanyol ditahan imbang Prancis 1-1 di Vicente Calderon (16/10). Akibatnya, kiper kedua Spanyol itu terancam absen saat Liverpool menjamu Reading, Sabtu (20/10).

                Bila Real menjadi klub yang paling banyak dirugikan, maka Spanyol menjadi timnas yang paling banyak memulangkan pemain dalam kondisi cedera atau tidak fit. Selain Reina, masih ada Arbeloa dan winger Manchester City David Silva.

                \"Cedera itu merupakan kesialan karena mencegah kami mengatur pergantian. Pada babak pertama kami sudah mengontrol pertandingan, mungkin kami kurang melakukan penetrasi,\" kata Vicente Del Bosque, pelatih Spanyol.

                Bagi City, ini kesialan besar karena selama ini manajer City Roberto Mancini sangat bergantung kepada Silva. Faktanya, selama musim ini hanya sekali Silva diistirahatkan dari tugasnya di lapangan hijau, yakni ketika Piala Liga melawan Aston Villa. (ham)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: