>

Golden Foot 2012 untuk Ibra

Golden Foot 2012 untuk Ibra

  MONACO - Zlatan Ibrahimovic menambah panjang deretan pencapaian gelar individunya. Kemarin (18/10) WIB di Monte Carlo, Ibra dianugerahi Golden Foot 2012. Golden Foot adalah penghargaan khusus bagi pesepak bola berusia di atas 29 tahun yang performanya masih memikat.

 Seperti diberitakan sportsterrra, penghargaan Golden Foot itu sudah berlangsung sejak 2003. Sistem pemilihannya menggunakan voting online selama empat bulan. Tahun ini, perolehan suara Ibra berhasil mengungguli sembilan pemain lain yang masuk dalam daftar nominasi.

 Para nominee dipilih jurnalis olah raga. Mereka yang terpilih adalah Gianluigi Buffon, Iker Casillas, Didier Drogba, Kaka, Andrea Pirlo, Carles Puyol, Raul Gonzalez, Clarence Seedorf, dan Xavi Hernandez.  

 Terpilihnya Ibracadabra - julukan Ibra - sedikit mengejutkan. Tidak banyak yang menduga. Sejak pindah dari AC Milan ke Paris Saint German (PSG) musim ini, sejumlah pihak menduga pemain timnas Swedia itu akan habis.

 Namun fakta berkata lain. Bersama klub ibukota Prancis itu, Ibra sudah membubuhkan sembilan gol dari tujuh kali penampilannya. \"Tak ada yang saya sedihkan setelah pindah dari Milan musim panas lalu. Kami di PSG saat ini adalah ingin memenangi semua tropi dan gelar yang memungkinkan. Kami sudah setengah jalan menuju proyek keberhasilan tersebut,\" ucap Ibra kepada Sky Sports.

 Pernyataan Ibra tersebut seolah menepis kabar bahwa setelah melepas kostum Milan, pemain berusia 31 tahun sedih. Ketika pindah ke Milan dua musim lalu, kapten timnas Swedia itu bahkan optimistis Milan menjadi klub terakhirnya.

 Apa mau dikata, Juli lalu Ibra dijual Milan ke PSG seharga GBP 20 juta (sekitar Rp 308 Miliar). Agen Ibra, Mino Raiola menyebutkan masa lalu di Milan kini sudah dilupakan Ibra. \"Ibra memang sangat berterima kasih ketika Milan menampungnya setelah disia-siakan Guardiola di Barcelona. Dia menemukan kembali senyumnya di Milan. Namun itu bukan berarti Ibra tak bisa melupakan Milan,\" tutur Mino.

 Lantas apakah PSG akan menjadi pelabuhan terakhir Ibra sebelum akhirnya pensiun? \"Saya sendiri tidak tahu. Ibra juga belum punya niatan gantung sepatu. Sejauh ini Ibra sangat menikmati masa-masa bermain di Ligue 1,\" sebut Mino lagi.

 Sejauh ini gelar pribadi yang sudah diraih Ibra adalah atlet terbaik Swedia 2007 dan 2010; top skor Seria A 2009 dan 2012; pemain terbaik Serie A 2008, 2009, dan 2011; pemain asing terbaik Serie A 2005, 2008, 2009, dan 2011; UEFA Team of The Year 2007 dan 2009; serta UEFA Euro Team of Tournament 2012.

(dra/ruk)

 

 Pemenang Golden Foot

 

 2003 Roberto Baggio

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: