Pipa Minyak Mentah Bocor

Pipa Minyak Mentah Bocor

Pertamina Sebut Tak Ganggu Operasional

JAMBI-Pipa minyak mentah milik Pertamina di ruas Jalan Lingkar  Selatan,  Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi,  tepatnya di depan gudang Kacang Garuda,  mengalami kebocoran, kemarin siang.

            Informasi yang berhasil dihimpun koran ini, kebocoran itu pertamakali diketahui oleh salah seorang security gudang Kacang Garuda,  Nuriman,  sekitar pukul 10.00 Wib.

Saat itu Nuriman melihat genangan cairan kental berwarna hitam di dalam selokan, seperti oli. Semakin lama, cairan itu semakin banyak mengalir.  Setelah dicek, ternyata merupakan minyak mentah yang mengalir dari pipa minyak.

‘’Saya ke luar pagar, ada cairan hitam di selokan dengan bau yang menyengat,’’ ujarnya.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, aparat kepolisian sudah memasang police line di Tempat Kejadian Perkara (TKP).  Setelah dilakukan pemeriksaan oleh pihak Pertamina sekitar pukul 13.00 Wib, ternyata ada 2 saluran pipa yang bocor.

Humas Pertamina EP Jambi D Saryono saat dikonfirmasi via ponselnya, semalam, mengaku belum mendapat informasi terkait kebocoran tersebut.

‘’Saya lagi cuti, saya gak dapat info,’’ ujarnya via SMS.

Sementara itu, Humas Pertamina Pusat Agus Amperianto yang juga dikonfirmasi via ponselnya, semalam, mengatakan, di lokasi tersebut ada dua pipa. Satu pipa milik  Pertamina UBEP Jambi dan satu lagi milik Technical Assistant Contract (TAC) Gelam.

‘’Setelah diperiksa, tidak ada ditemukan kebocoran pada pipa. Kegiatan penanggulangan sama sekali tidak menghambat operasi,’’ jelasnya.

Menurutnya, minyak sudah direcover kurang dari setengah drum. ‘’Kebocoran itu sudah ditangani, tidak menggangu operasional kami,’’ pungkasnya.

Sementara itu, aparat kepolisian memastika kebocoran pipa Pertamina tersebut bukan akibat pencurian. Tetapi, kebocoran dari Pertamina itu sendiri. ‘’Jadi tidak ditangani oleh kepolisian,’’ ujar Kanit Reskrim Polsekta Jambi Selatan, Ipda Arif Nazaruddin.  (mg6/pin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: