Rp 600 Juta untuk FMPDK 2012

Rp 600 Juta untuk FMPDK 2012

KERINCI– Anggaran untuk pelaksanaan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK), akhirnya disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kerinci pada APBD-P Kerinci 2012 sebesar Rp. 227 juta. Sementara pada APBD Murni sebesar lebih kuran Rp. 400 juta.

“Alhamdulillah anggaran kita sudah disahkan tanpa dikurangi. Saat ini persiapan administrasi panitia sudah mencapai 80 persen,” ujar Sekretaris Disporaparbud Kerinci, Amri Swarta kemarin.

Dikatakannya, saat ini panitia juga tengah melayangkan undangan ke kabupaten kota serta provinsi tetangga untuk ikut serta dalam agenda tahunan pariwisata nasional ini.

“Untuk lokasi di Danau Kerinci sudah mulai disurvey, saat ini panggung utama dan lokasi lainnya sudah mulai dikerjakan,” bebernya.

Pada FMPDK tahun ini, kata dia, pihaknya telah menambah satu jenis kegiatan yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kerinci, yakni seminar tentang perjuangan pahlawan Kerinci, Depati Parbo, dengan nara sumber guru besar sejarah dari Jakarta.

“Peserta seminar ini yaitu sejarawan, dan guru sejarah, serta para mahasiswa yang berminat untuk ikut, tempatnya di Gedung Nassional,” katanya.

Selain itu, kata dia, acara FMPDK tahun ini juga akan melibatkan tim kesenian dari Malaysia dan Singapura. Ia mengaku, pihaknya sudah mendapatkan kontak langsung dari kedua Negara tersebut, agar diikutkan dalam festival yang sudah menjadi agenda nasional itu.

“Dari Malaysia dan Singapura sudah mengubungi kita melalui telepon, mereka minta diikut sertakan dalam ajang tahunan ini, mereka akan mengirim tis seni budaya dari Malaysia untuk tampil di Danau Kerinci,” ujarnya.

Selain negara-negara tetangga lanjutnya, semua Provinsi yang ada di Sumatera juga sudah memastikan akan ambil bagian, dan sudah siap mengirimkan perwakilan. “Diluar sumatera, Kalimantan Barat juga sudah bersedia hadir,” tegasnya.

”Setiap kecamatan juga akan menampilkan kesenian mereka. Sedangkan untuk menghadirkan artis provinsi, kita masih berupaya mencari sponsor, baik sponsor lokal maupun sponsor dari luar,” tandasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pihaknya akan berusaha akan mendatangkan menteri pariwisata pada saat acara pembukaan FMPDK tahun ini. “Undanganya sudah kita sampaikan, mudah-mudahan beliau bisa hadir,” pungkasnya.

(hdi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: