Pebisnis RI Optimistis

Pebisnis RI Optimistis

Pendapat 24 Ribu Pengusaha 92 Negara

JAKARTA - Ketidakpastian perekonomian global rupanya tak mampu menggerus optimisme pebisnis di Indonesia.        CEO Regus Asia Pacific Filippo Sarti mengatakan, hasil report terbaru Regus menunjukkan naiknya indeks kepercayaan pebisnis di Indonesia. \"Naik 17 poin,\" ujarnya dalam laporan Regus Business Confidence\"Index kemarin (28/12).\"

        Regus adalah perusahaan penyedia jaringan tempat kerja fleksibel terbesar dunia. Perusahaan yang berpusat di luxemburg dan beroperasi di 92 negara dengan jutaan klien tersebut merilis hasil survei periode April - September 2012. Dalam surveinya, Regus mengumpulkan data dari 24 ribu pebisnis senior di 92 negara.

       Sementara itu, secara global, pebisnis dari berbagai negara menyatakan pesimistis terhadap perkembangan perekonomian dunia. Hal ini terlihat dari indeks kepercayaan bisnis global yang turun tipis dua poin.

        Hasil survei terkait Indonesia yang juga dirilis Regus adalah naiknya proposi pendapatan usaha perusahaan-perusahaan di Indonesia, dari 43 persen pada April 2012 menjadi 71 persen pada September 2012. \"Ada kenaikan signifikan,\" kata Sarti.

            Kenaikan proposi perndapatan usaha perusahaan di Indonesia berbanding lurus dengan kenaikan laba atau keuntungan. \"Survei menunjukkan, pada periode April hingga September 2012, keuntungan perusahaan di Indonesia naik 30 hingga 60 persen,\" ucapnya.

        Sarti mengatakan, para pebisnis di Indonesia yang menjadi responden survei menyatakan puas dengan dukungan pemerintah dalam bisnis mereka. \"Sebanyak 73 persen responden mengaku puas,\" katanya.\"Meski demikian, lanjut dia, para responden masih mengajukan beberapa usulan kepada pemerintah untuk membantu usaha kecil dan usaha yang baru dirintis. Usulan itu adalah pembebasan pajak (70 persen), pelayanan informasi (53 persen), dan pembuatan jaringan industri tertentu (43 persen).

(owi/kim)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: