>

Dua Sapi Terkena Cacing Hati

Dua Sapi Terkena Cacing Hati

JAMBI-Dari ribuan ekor ternak yang dipotong masyarakat di Provinsi Jambi saat hari Raya Idul Adha 1433 Hijriah kemarin,  dua di antaranya dipastikan terkena cacing hati.

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Jambi, Sepdinal, kekhwatiran akan cacing hati pada hewan kurban, sepertinya bisa diatasi.

 Dari laporan sementara hanya dua kurban yang ditemukan ada cacing hati. “Itu kita temukan di Kota Jambi, tapi tidak mengkhwatirkan. Bagian yang terkena hanya sedikit dan sudah kita buang,” ujarnya kemarin.

Cacing hati ini, ditemukan pada sapi yang dikurbankan warga. Namun, bagian yang terkena tidaklah parah.

“Jadi masih aman. Bagian yang terkena tidak tidak dibagikan ke warga,” sebutnya.

Secara keseluruhan, jelasnya, hasil pengecekan tim yang turun belum masuk ke mejanya. Sebab, kemarin masih dilakukan pelaksanaan kurban.

“Mungkin belum sempat melaporkan, kemungkinan besok sudah diketahui berapa banyaknya, baik itu di Kota Jambi maupun di kabupaten/kota,” ujarnya.

Menurut dia, pengecekan kesehatan hewan kurban tahun ini sudah cukup baik. Ini terlihat dari banyaknya warga dan para pejabat yang meminta hewan kurban milik mereka diperiksa dulu oleh tim Disnakewan yang sudah dibentuk sebelum dikurbankan.

“Ya banyak yang minta cek, lalu kita turun dan periksa kesehatan hewan kurbannya. Ini tidak terlepas dari hasil sosialisasi kita dan peran media,” sebutnya.

Sayangnya untuk laporan jumlah pelaksanaan kurban tahun ini, Sepdinal belum bisa merincikannya. Sebab, belum direkap secara keseluruhan. “Laporan belum masuk semuanya,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, diperkirakan jumlah hewan kurban tahun ini jauh diatas prediksi. Ini terlihat dari banyaknya pemotongan hewan kurban dari hasil pemantauan di lapangan.

 “Untuk kota kita prediksi 1.316 ekor ternak, namun dari hasil pemantauan, sepertinya jauh di atas itu,” pungkasnya.

(fth)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: