>

Sembelih Hewan di Hari Raya Kedua

Sembelih Hewan di Hari Raya Kedua

MUARO BUNGO– Walaupun hari Raya Idul Adha pada tahun 2012 ini jatuh pada hari Jum’at (26/10) , namun pelaksanaan penyembelihan hewan kurban kebanyakan dilakukan pada hari kedua lebaran, yakni Sabtu (27/10).

Imam besar masjid agung Al Mubarok Muarabungo, H Abdul Aziz mengatakan, dilaksanakannya pemotongan hewan kurban pada hari kedua lebaran mengingat pada hari lebaran Idul Adha jatuh tepat pada hari Jumat. Jika pemotongan hewan kurban dilakukan pada hari Jumat, waktunya terlalu singkat, karena siangnya dilaksanakan Shalat Jum’at.

“Untuk pelaksanaan pemotongan hewan kurban tahun ini memang sengaja kami lakukan pada hari sabtu. Hal ini mengingat, pelaksanaan sholat Id jatuh pada hari Jumat dan jika pemotongan hewan kurban dilakukan pada hari Jumat, waktunya terlalu singkat, karena siangnya ada Shalat Jumat lagi,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk tahun ini  pihaknya menyembelih tiga hewan kurban yang semuanya sapi, yang berasal dari beberapa instansi-instansi Pemerintahan daerah.

Sedangkan untuk dagingnya sendiri dibagikan kepada warga sekitar masjid agung Al Mubarok. “Untuk pembagian daging memang kita utamakan warga di sekitar ini dulu. Terkadang ada masyarakat dari luar komplek ini yang datang,” katanya.

Tidak hanya di masjid agung Al Mubarok saja, namun ada juga di beberapa masjid juga melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari Sabtu. Salah satunya di masjid As-Suudiyah, Kelurahan Batang Bungo.

Sementara itu, sebagian masyarakat ada juga yang melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari Jumat. “Kita memang sengaja menyembelih hewan kurban ini pada hari  Jum’at, karena pada hari Jum’at suasana lebarannya masih terasa,” Ujar Darmanpono, ketua panitia kurban.

Menurutnya, tahun ini hewan yang di kurban lebih meningkat dibandingkan pada tahun lalu. Dimana tahun ini hewan kurban berjumlah 11 ekor sapi, sedangkan tahun lalu hanya 8 ekor sapi.

Menurutnya dengan  diadakan pemotongan hewan kurban tersebut, pihaknya berharap dagingnya bisa dibagikan kepada masyarakat sekitar , kepada anak yatim dan kepada  masyarakat lain yang berhak menerimanya.

(cr8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: