Kereta Kuda Sambut SBY

Kereta Kuda Sambut SBY

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono memulai kunjungan kenegaraannya ke Inggris, kemarin (31/10). Sempat menginap di Hotel Grosvenor House setelah landing di Bandara Internasional Heathrow, London, Selasa (30/10) petang, SBY yang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono selanjutnya akan tinggal di Belgian Suite, Istana Buckingham selama menjadi tamu Ratu Elizabeth II.

Dilansir dari situs resmi kepresidenan, SBY dan Ani berangkat menuju Istana Buckingham sekitar pukul 12.45 waktu setempat atau 19.45 WIB dengan dijemput Duke of York Pangeran Andrew di lobi hotel. Upacara penyambutan kemudian dilakukan di Royal Pavillion dengan parade pasukan berkuda.

SBY naik kereta kuda bersama dengan Ratu Elizabeth, sementara Ani bersama dengan Duke of Edinburgh, Pangeran Philip di kereta yang lain, untuk menuju Istana. Sebanyak tujuh kereta kuda Kerajaan Inggris digunakan delegasi dari kedua negara.

                Keterangan dari kepala Protokoler Negara, tidak semua rombongan dari Indonesia ikut dalam upacara penyambutan itu. Beberapa yang mendampingi antara lain, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, dan Dubes RI untuk Inggris Hamzah Tayeb. Dua putra SBY, Agus Harimurti dan Edhie Baskoro juga turut serta.

                Acara kemudian dilanjutkan dengan jamuan makan siang yang didahului dengan perkenalan delegasi kedua negara. Di akhir acara, Ratu Elizabeth II memperlihatkan penghargaan Knight Grand Cross in the Order of the Bath yang diberikan kepada Presiden Republik Indonesia.

                Selain bertemu dengan keluarga kerajaan, SBY dijadwalkan bertemu dengan PM David Cameron, Ketua Partai Liberal Demokrat Nick Clegg, dan pemimpin oposisi Ed Miliband. Presiden SBY juga diagendakan menyampaikan pidato di beberapa forum, termasuk di hadapan All-Party Parliamentary Group on Indonesia, Royal College for Defence Studies, dan Wilton Park.

(fal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: