Rusuh, Kapolda Lampung Batal Dilantik

Rusuh, Kapolda Lampung Batal Dilantik

Jadi Kapolda Jabar

JAKARTA---Hanya satu malam. Itulah waktu yang dibutuhkan dewan jabatan dan kepangkatan tinggi untuk mengubah karir Brigjen Jodie Rooseto. Kapolda Lampung itu batal mendapat jabatan baru sebagai Kapolda Jabar. 

      Ralat tersebut berdasarkan Surat Telegram Nomor ST/2161/X/2012, reff ralat Kep/645/X/2012 tanggal 30 Oktober 2012. Jodie Rooseto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasetukpa Lemdikpol.

      Maka , Kasetukpa Lemdikpol sebelumnya, yakni Brigjen Ngadino, diangkat sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara menggantikan Brigjen Tubagus Anis Angkawijaya. Jabatan Kapolda Jabar yang sebelumnya akan diisi Jodie ditempati oleh Brigjen Tubagus Anis yang sebelumnya Kapolda Sulawesi Tenggara .

      Nah, Jabatan Kapolda Lampung akan ditempati oleh Brigjen Heru Winarko yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Umum Kemenkopolhukam. Padahal sebelumnya,  berdasarkan Surat Telegram/ 2139/X/2012, tanggal 26 Oktober 2012, dinyatakan bahwa Kapolda Lampung akan menggantikan Kapolda Jabar Irjen Putut Eko Bayuseno yang menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

      Serah terima jabatan Kapolda Lampung juga ditunda. Rencananya, kemarin Kapolri Jenderal Timur Pradopo melantik empat Kapolda sekaligus. Penundaan dilakukan karena Jodie masih mengamankan wilayahnya.

      \"Standar penanganan masalah, yang bersangkutan masih menyelesaikannya, saya kira itu. Sebagai Kapolda sudah ada penggantinya, nanti sudah selesai baru bisa,\" ujar Kapolri Jenderal Timur Pradopo usai pelantikan Kapolda Metro Jaya, Kapolda Jawa Barat dan Kapolda Sulawesi Tenggara di Mabes Polri, Rabu (31/10) kemarin.

      Soal  batalnya Jodie promosi menjadi Kapolda Jawa Barat, Timur mengatakan, semua sudah melalui penilaian. \"Saya kira semua penilaian pasti lah, sudah keluar surat perintah, ada dinamika di lapangan. Di sana juga ada kesatuan wilayah dan penggantinya juga sudah ada, jadi tunggu saja, ada tugas-tugas yang menjadi kewajiban,\"katanya.

      Seperti diketahui, saat ini wilayah Lampung, khususnya Lampung Selatan, tengah dilanda peristiwa bentrok antarwarga yang menyebabkan belasan orang tewas. Jumlah tersebut kian bertambah sejak bentrok terjadi Sabtu (27/10/2012) malam. Dalam kasus ini, Kapolda Lampung dinilai gagal dalam menjaga situasi dan keamanan wilayahnya.

      Mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Untung S Radjab mengaku berterimakasih pada seluruh jajarannya karena Jakarta relatif aman saat dia menjabat. \"Itu bukan karena saya, tapi karena semua anggota dan juga warga Jakarta,\" kata jenderal asal gayungsari Surabaya itu.

      Ditanya soal masa pensiunnya nanti, Untung mengaku akan lebih menikmati waktu bersama keluarga. Mau maju gubernur Jatim ? \"Wah iku maneh, aku iki durung resmi pensiun Rek. nanti dulu ya, ini sertijab dulu,\" katanya lantas tersenyum.

      Sementara itu Kapolda Metro Jaya yang baru Irjen Putut Eko Bayuseno tak mau menanggapi rumor bahwa dia dijagokan menjadi \"the next Kapolri\".\"Wah itu nanti urusan Tuhan Yang Maha Kuasa sudah ada garisnya,\"katanya.

      Putut menyatakan akan fokus dengan tugas barunya sebagai Kapolda Metro Jaya. Sebagai pemegang keamanan ibukota dia akan  mengedepankan soft power. Langkah itu dia yakini akan berhasil seperti yang pernah diterapkannya saat masih berada di lingkungan Polda Jawa Barat

\" Kita merangkul semua pihak untuk menjaga kondisifitas keamanan di Jakarta,\" ungkap mantan ajudan SBY ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: