2014, PT Askes Berubah Nama Jadi BPJS

2014, PT Askes Berubah Nama Jadi BPJS

JAMBI-Awal Januari 2014 mendatang PT Askes (Persero)  akan berubah nama menjadi Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS).

Persiapan rencana perubahan nama itu, terus dilakukan seperti,  melakukan sosialisasi serta perubahan aturan untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

            Kepala PT Askes Cabang Jambi Jayadi, mengatakan, dengan berubahnya dari PT menjadi badan, sejumlah aturan baru juga akan diterapkan, seperti kontrak kerjasama dengan mitra serta penambahan kantor cabang pembantu serta tenaga kerja.

            Perubahan bentuk ini sesuai dengan UU No 24 BPJS tahun 2011 tentang peralihan pelayanan kesehatan. “Akhir tahun 2012 ini akan ada kontrak baru dengan mitra pelayanan askes,” kata kepada Jambi Ekspres kemarin.

            Saat ini penyaluran dana askes selalu nirlaba, oleh karena itu kedepannya pihak askes ingin mengelolanya dengan baik. Apalagi, setelah menjadi suatu Badan diharapkan pengelolaannya bisa tepat sasaran. “Dengan menjadi Badan penyedia jasa, kita ingin melakukan perubahan pelaynan askes, denga memperbanyak cabang serta mitra kerja,” ungkapnya.

            Jayadi, menambahkan, sejauh ini pelayanan yang diberikan oleh mitra kerja seperti puskesmas belum dapat memuaskan masyarakat, padahal pihak askes selalu membayarkan dana askes pada mitra. Oleh karena itu, pihak askes selaku badan penyelenggara menginginkan pelayanan yang baik terhadap masyarakat, baik tingkat puskesmas atau ruamah sakit.

Sejauh ini, angka rujukan dari puskesmas ke rumah sakit dalam Kota Jambi sangat tinggi lebih dari 58 persen pasien puskesmas selalu dirujuk. Seharusnya apabila pelayanan ditingkat puskesmas membaik, tentunya tidak perlu buru-buru melakukan rujukan. “Bahkan secara nasional angka rujukan di Provinsi Jambi terbilang sangat tinggi,” katanya.

(kar)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: