Minta Saudi Tertibkan Sopir Bus

Minta Saudi Tertibkan Sopir Bus

MEKKAH - Kementerian Agama (Kemenag) akan melayangkan protes kepada pemerintah Arab Saudi terkait perlakuan indisipliner sopir bus yang menganarkan jamaah haji Indonesia. Sopir sengaja memarkirkan, lalu meninggalkan bus yang dikemudikannya.


Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, Kemenag akan meminta pemerintah Arab Saudi lebih menertibkan sopir bus agar mengoperasionalkan busnya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Jadwal tersebut terkait waktu prosesi haji yang harus dilakukan seluruh jamaah haji Indonesia.

\"Secara umum, transportasi memang jauh lebih lancar dibanding tahun sebelumnya. Namun kami tetap melakukan koreksi agar jamaah haji bisa lebih cepat lagi mencapai Padang Arofah, Muzdalifah dan Mina.
 Jadi keterlambatan angkutan para jamaah haji karena sopir tidak disiplin,\" kata Suryadharma Ali kepada wartawan di Makkah, Senin (29/10/2012) malam.

Suryadharma Ali, yang juga Amirul Haj Indonesia juga meminta kepada pemerintah Arab Saudi agar kedatangan jamaah haji ke Arafah, Muzdalifah dan Mina lebih cepat dibandingkan tahun ini. Sehingga, ritual haji yang dijalankan jamaah bisa maksimal secara waktu.

Selain itu, Kemenag juga menyoroti jamaah haji yang belum dijemput bus terjebak di Muzdalifah. Padahal Muzdalifah merupakan bukit tandus yang sengatan mataharinya langsung dirasakan jamaah haji. Bila terlalu lama dalam suasana panas, bisa membuat jamaah jatuh sakit.

\"Kami akan minta pemerintah Arab Saudi mendirikan tenda, sehingga bila ada hal tidak diinginkan seperti keterlambatan bus tidak membuat jamaah haji terlalu lelah. Ini menjadi perhatian Amirul Haj dan tim. Kami tidak ingin jamaah terlantar kerena indisipliner sopir atau persoalan yang bukan kesalahan jamaah,\" paparnya.

Menag mengapresiasi lebih lancarnya transportasi tahun ini, meski bukan berarti bebas dari kemacetan parah yang terjadi di Makkah. Namun sebagian besar jamaah bisa menuju Arofah, Muzdalifah dan Mina sesuai skenario.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: