>

Hepatitis A Ditetapkan KLB

Hepatitis A Ditetapkan KLB

 

JAMBI – Makin mewabahnya virus Hepatitis A membuat pemerintah menyebutkan peristiwa itu sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).  Kemarin, ditemukan ternyata penyakit ini tak hanya mewabah di SDN 47 saja, tapi juga di SMA Xaverius II.

            Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Andi Pada. Menurutnya, saat ini, baru dua sekolah yang melapor adanya penyakit Hepatitis di sekolah, yaitu SD 47 dan Xaverius.

“Tadi saya dapat telepon, di Xaverius juga ada enam orang. yang terbanyak di SD 47,” tandasnya.

Andi Pada menyebut, kejadian yang ada di SD 47 adalah Kejadian Luar Biasa (KLB). Karena, sebelumnya tidak ada. Menurutnya, berjangkitnya virus tersebut dikarenakan kebersihan. Karena itu, Dinas Kesehatan akan melakukan investigasi untuk mengetahui siapa saja yang terjangkit Hepatitis tersebut dan apa penyebabnya. Begitu juga sumber penularannya. “Ini baru tahap investigasi,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Polisman Sitanggang, menegaskan, sumber penyakit tersebut berasal dari hal-hal yang tidak higienis perorangan maupun lingkungan.

Menurutnya, untuk di SD 47, kemungkinan penyakit tersebut sudah ada pada penjual makanan yang berada di dalam sekolah dan bukan di luar sekolah.

“Sipenjual menjual makanan kepada anak-anak tampa membersihkan tangannya terlebih dahulu,” kata Sitanggang.

Dia menegaskan, Dinas Kesehatan Kota Jambi juga akan melakukan Investigasi untuk mengetahui darimana asalnya.

“Kita lakukan cek darah penjual makanan di dalam sekolah,” katanya, kemarin. Terkait masalah libur yang diumumkan oleh Komite Sekolah dan pihak Sekolah, diakuinya, membuat Dinas Kesehatan kesulitan untuk melakukan Investigasi.

“Tadi saya sudah ditelepon oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota dan Provinsi mengenai libur ini,” katanya. Menurut kedua kadis tersebut, keputusan libur itu tidak tepat. “Tapi, besok (Hari ini, red) kita mengadakan pertemuan dengan orang tua murid,” kata dia. Lantas, apakah akan ada cek darah massal ? Polisman belum mengetahuinya.

“Tadi kita rapat, kita lakukan investigasi terlebih dahulu. Kita juga akan lakukan pemeriksaan penjaga kantin,” tandasnya.

Saat Jambi Ekspres mengunjungi SDN 47/4 Senin (5/11) kemarin terlihat aktivas belajar mengajar di sekolah berjalan sebagaimana biasanya. Beberapa murid tampak berada diluar ruangan kelas, sedangkan beberapa murid lainnya berada didalam kelas.

Kepala Sekolah SDN 47/4 Syargawi mengatakan, pihaknya tetap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Senin (5/11) kemarin. Menurutnya pihaknya baru akan meliburkan sekolah pada Selasa (6/11), karena pihak sekolah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi dan Dinkes Kota Jambi akan melaksanakan sosialisasi terkait penyakit Hepatitis A.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: