Empat Tahun Lagi Bagi Obama

Empat Tahun Lagi Bagi Obama

Romney Akui Kekalahan

WASHINGTON - Hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) yang digelar Selasa (6/11) sudah diketahui secara pasti. Presiden Barack Obama dipastikan memimpin untuk empat tahun lagi setelah unggul dalam perolehan electoral votes atas pesaingnya, Mitt Romney.

Obama dan Romney bersaing untuk memerebutkan suara electoral dari negara bagian di AS. Hasil akhirnya, Obama mengantongi 303 electoral votes, sementara Romney 203.

Atas hasil itu, Romney yang diusung Partai Republik mengakui kekalahannya atas Barack Obama. Romney menyampaikan pidato kekalahan setelah sebalumnya menghubungi Obama untuk memberi ucapan selamat.

Romney menyampaikan pidato kekalahan di depan para pendukungnya di Boston sekitar pukul 12:55 .\"Saya doakan Presiden Obama akan berhasil membawa negeri kita,\" kata Romney.

\"Seperti halnya sebagian besar dari kalian, Paul (cawapres) dan saya telah menanggalkan segalanya. Kita memberikan segala yang kita punya untuk kampanye ini,\" katanya. 

Pidato kekalahan itu memuncaki kontestasi mahal, tipis dan terkadang begitu ekstrim sejak Obama memenangi Pilpres 2008 dengan pesan harapan dan perubahan. \"Saya sangat berharap bahwa saya telah mampu memenuhi harapan kalian untuk membawa negeri ini ke arah lain,\" ucapnya.

Obama dipastikan menjadi pemenang setelah menguasai negara bagian yang dikenal sebagai penentu kemenangan (swing states) seperti New Hampshire, Michigan, New Mexico, Iowa, Virginia, Wisconsin, Colorado, Nevada, Pennsylvania, Minnesota, dan Ohio. Sementara Romney yang berpasangan dengan Paul Ryan,  hanya menguasai swing states North Carolina. 

Kemenangan Obama menandai berakhirnya kampanye panjang yang menghabiskan banyak dana untuk iklan, rangkaian safari dan pidato, serta tiga debat yang disiarkan secara langsung. (ap/ara/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: