>

Pemerintah Pusat Bangun Museum di Kerinci

Pemerintah Pusat Bangun Museum di Kerinci

KERINCI–Setelah lama diajukan, Pemerintah Pusat akhirnya menyetujui permohonan Pemkab Kerinci untuk pembangunan Museum di Kabupaten Kerinci. Dalam waktu dekat, pembangunan museum, akan segera dilakukan oleh pihak rekanan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kerinci, Arlis Harun, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, Jumat (9/11) tim dari Jakarta akan datang ke Kabupaten Kerinci untuk melakukan survey dan masterplan.

“Tim dari pusat yang beranggotakan tiga orang, akan datang hari Jumat besok ke kerinci. Selain melakukan survey, mereka juga akan membuat master plan, untuk membangun museum,” ujar Arlis Harun.

Tim yang datang tersebut lanjutnya, selain pemenang tender pembuatan master plan, kemungkinan juga adalah PPTK dari proyek yang menggunakan dana APBNP tersebut.

“Dananya dari pusat, yang diambil dari dana APBN- Perubahan,” katanya.

Diperkirakan, pembangunan fisik sendiri akan dimulai tahun depan. “Yang memutuskannya adalah tim pertimbangan presiden bidang kebudayaan, yang sebelumnya pernah datang ke kerinci,” jelasnya.

Untuk lokasi sendiri lanjutnya, pemerintah daerah sudah membebaskan dua lokasi, yakni di Bukit Tengah dan di Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci. “Bupati juga setuju di dua tempat tersebut, tinggal tim pusat yang memilih maunya dimana,” tegasnya.

Selain pembangunan museum, juga akan dibangun gedung kebudayaan, yang pendanaannya bersumber dari dana APBD-Perubahan Provinsi Jambi. “Kalau untuk gedung kebudayaan timnya sudah turun melakukan survey,” tambahnya.

(hdi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: