>

Bangun Sawah Baru

Bangun Sawah Baru

MUARABULIAN - Saat ini produksi beras di Batanghari belum mencukupi kebutuhan masyarakat. Pasalnya, produksi beras baru mencapai sekitar 70 persen. ‘’Untuk mencapai Batanghari swasembada beras 2014, dibutuhkan 700 ton dalam sekali panen,’’ kata  Kepala Kantor Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan pangan (BP2KP) Batanghari, Sumardiati, ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, rabu 07/11 kemarin.

            Untuk memenuhi itu, saat ini pemerintah telah membangun sawah baru, dilahan tidur milik warga setempat, seluas 150 hektar yang berlokasi di depan rumah dinas Bupati Batanghari. Namun, untuk tahun ini bantuan dari dana APBN, hanya bisa merealisasi sebanyak 50 hektar, ‘’100 hektarnya akan dilanjutkan pada tahun 2013,’’ katanya.

Untuk pembebasan lahan tidur, sambungnya, pemkab telah berkoordinasi dengan warga yang mempunyai lahan tidur. Dan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan warga untuk menghibahkan lahan milik warga kepada pemkab untuk digarap menjadi sawah. ‘’Semua warga merespon dengan baik, lahan mereka yang selama ini terbengkalai, akan menjadi lahan yang hijau, yang disebut kawasan pangan terpadu menuju pangan lestari,’’ kata Sumardiati.

Dijelaskannya, untuk hak kepemilikan dan hak penggarapan lahan, warga pemilik lahan, kelompok tani titian teras, dan pihak pemkab telah membuat perjanjian di atas segel, tentang tata cara kelola. ‘’Setelah lahan siap ditanam, yang mengerjakannya adalah kelompok tani. Kelompok tani akan menggarap sawah selama tiga tahun. Setelah tiga tahun, barulah warga pemilik lahan mengarapnya selama dua tahun, begitu seterusnya,’’ terangnya.

Dengan dibukanya lahan baru, tambahnya, maka bisa meningkatakan produksi beras dibatanghari. Lahan baru yang dibuka ini, semua lintas sector Pemkab Batanghari ikut membantu, mulai dari PU, Pertanian, dan BPKP.

‘’Selain sawah, kami berencana akan menaman hultikultura, yang nantinya bias menambah indah pemandangan sawah. Apalagi lokasinya berada persis di depan rumah dinas bupati dan lokasi waterboom, sehingga warga yang berkunjung dan bermain di waterboom bisa menikmati pemandangan di sekitar sawah,’’ tandas Sumardiati.

(cr6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: