>

Sayuran Tembus Pasar di Luar Batanghari

Sayuran Tembus Pasar di Luar Batanghari

MUARABULIAN - Ternyata tanaman hultikultura jenis kisik dan timun, yang dikelola petani Batanghari sudah merambah ke pasar luar Batanghari, diantaranya Pasar Bangko dan Pasar kota Jambi. ‘’Saat ini tanaman hultikultura jenis kisik dan timun yang dikelola petani,’’ kata Kabid Hultikultura Dinas Pertanian Batanghari, Alfian, kemarin.

            Dikatakannya, saat ini meskipun lahan hultikultura jenis kisik dan timun yang ada di Batanghari,  cukup besar yakni sekitar 93 hektar, terdiri dari 34 hektar lahan tanaman kisik, dan 59 lahan tanaman timun. ‘’Namun ini masih kurang untuk pasokan ke dua pasar di luar Batanghari,’’ terangnya.

Permintaan kisik dan timun di dua pasar ini, katanya, cukup tinggi. Apalagi kisik dan timun dari Batanghari ini kualitasnya cukup baik. Di samping itu, harganya naik. ‘’Dalam seminggu minimal kisik dan timun yang dikirim ke pasar Bangko da Kota Jambi minimal 5 ton,’’ ujarnya.

Dikatakannya,  tanaman kisik dan timun yang dikelola petani, perawatanya cukup baik, di samping itu para petani diberikan pelaksanaan sekolah lapangan pengendalian hama penyakit terpadu (SLOHT), dengan menghimbau petani supaya jangan terlalu banyak menggunakan pestisida terhadap tanaman, karena itu adalah racun, bagi tanmn dan masnuia yang mengkonsumsinya.

‘’Kami berharap nantinya dengan dilakukan penambahan dua hkatar lahan ini maka kebutuhan kisik dan timun yang dipasokkan petani ke dua pasar ini bias mencukupi,’’ imbuh Alfian.

(cr6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: