>

Jambi Dapat Hibah US 332,5 Juta

Jambi Dapat Hibah US 332,5 Juta

JAKARTA - Provinsi Jambi ditunjuk sebagai pilot project kemakmuran hijau MCC. Proyek Kemakmuran Hijau ini akan menyediakan bantuan hibah dan pendanaan komersial untuk mendukung pengembangan ekonomi dengan jumlah dana hibah Compact sebesar US 332,5 juta. Dana ini separuh dari dari total dana hibah MCC, yang mencapai US 600 juta. Kemarin dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Majelis Amanah Millenium Challenge Account Indonesia (MCAI) dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jambi.

“Tujuan dari MCC sendiri adalah untuk mengurangi kemiskinan dengan mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkesinambungan,” ungkap Wamen PPN/Wakil Kepala Bappenas, Lukita Dinarsyah Tuwo dalam sambutannya.

Dikatakannya, proyek Kemakmuran Hijau ini terbagi dalam dua tema yaitu, Energi Terbarukan, yang mencakup pembangkit listrik skala kecil (kurang dari 10 megawatt) yang bersumber dari tenaga air, limbah pertanian-perkebunan, biogas dan tenaga surya. Skema kedua adalah penggunaan lahan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, yang mencakup pertanian, kehutanan, perikanan dan pengelolaan daerah aliran sungai.

Pencairan dananya sendiri, jelas Lukita, sifatnya bertahap dalam lima tahun, sesuai dengan kinerja dari pelaksanaan proyek. Tahun pertama mungkin tidak akan sebesar nominal yang diberikan, karena persiapannya banyak, mulai persiapan manajemen, persiapan kantor, itu mungkin sekitar 1/10-nya dari jumlah nominal.

(jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: