>

Dukcapil Verifikasi Data Penduduk

Dukcapil Verifikasi Data Penduduk

SENGETI - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Muarojambi saat ini tengah melakukan verifikasi data penduduk di Muarojambi. ‘’Data yang dimiliki Mendagri merupakan data awal untuk persiapan Pemilu 2014,’’ tutur Kadis Dukcapil Muarojambi, Zakaria.

            Dijelaskannya, saat ini data yang ada di selver Dukcapil memang ada tersimpan data penduduk yang ganda. Data penduduk yang ganda itulah yang dihapus dan saat ini penghapusan data penduduk ganda tersebut sedang berlangsung.

‘’20 November nanti, data yang sudah diverifikasi diserahkan ke Mendagr. 29 November Mendagri menyampaikan data resmi penduduk ke gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia. Setelah diserahkan, 6 Desember data ini diserahkan ke KPU,’’ tuturnya.

            Pada pendataan e-KTP beberapa waktu lalu, katanya, pihaknya menyebar undangan perekaman e KTP ke penduduk. Namun dari undangan yang disebarkan, ada warganya yang sudah tidak ada atau sudah pindah rumah. ‘’Undangan warga yang sudah pindah rumah dikembalikan kades dan camat ke Dukcapil. Setelah dilakukan verifikasi data ini, kemungkinan besar data penduduk akan berkurang karena penduduk yang memiliki data ganda terhapus,’’ sebutnya.

            Sebelumnya Bupati Muarojambi, Burhanuddin Mahir, mengakui jika terjadi perbedaan data penduduk. Bahka dirinya belum mengetahui secara pasti, versi mana yang benar terkait data penduduk ini.

            ‘’Untuk mengatasi kerancuan itu, saya telah menugaskan Kadis Dukcapil, agar melakukan falidasi ferivikasi. Baik dari faktor migrasi maupun adanya factor ganda, agar  ke depannya, terutama dalam Pemilu 2014 tidak ada kendala dalam urusan ferivikasi partai,’’ tandasnya.

(era)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: