Dana Reses Naik Fantastis

Dana Reses Naik Fantastis

Alokasi Anggaran Setwan Rp 30 M

JAMBI – Kenaikan anggaran DPRD Provinsi Jambi tahun 2013 mendatang cukup fantastis. Sumber koran ini di DPRD Provinsi Jambi menyebutkan, untuk anggaran keluar daerah saja naik Rp 3 M. Belum lagi kenaikan di pos-pos yang lain. Total anggaran yang dialokasikan untuk sekretariat DPRD Provinsi Jambi mencapai Rp. 30 M. Anggaran untuk program non fisik saja mencapai Rp 21,41 miliar.

Hal ini dirasakan cukup fantastis. Sumber koran ini di internal Setwan DPRD Provinsi Jambi mengakui jika alokasi anggaran, khususnya biaya perjalanan ke luar provinsi di RAPBD tahun 2013 memang diperbesar.

“Kalau tidak salah naiknya mencapai Rp 3 miliar,” katanya.

Sedangkan untuk kegiatan bimbingan teknis memang direncanakan untuk diikuti seluruh anggota dewan atau 45 orang dan lokasinya di ibukota Jakarta, khususnya di hotel mewah yang berbintang empat ke atas.

Sementara itu, Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Jambi, Ir H Syahrasaddin MSi jumlah tersebut dimungkinkan terjadi karena memang ada aturan-aturan yang memperbolehkannya.

“Ada aturannya. Kalau APBD lebih dari Rp 1,5 triliun, bisa dimungkinkan,” ujar Syahrasaddin kepada wartawan, seusai rapat anggaran di gedung DPRD Provinsi Jambi, Selasa (19/11), kemarin.

Disebutkannya, anggaran pendapatan belanja daerah Provinsi Jambi tahun 2013 telah mencapai Rp 2,586 triliun.  Artinya itu telah di atas batas Rp 1,5 triliun yang menjadi aturan.

“Ada aturan dan regulasinya,” ungkapnya.

Sementara itu, beberapa anggota dewan provinsi ketika dikonfirmasi enggan memberikan komentarnya. Hanya ada salah seorang anggota DPRD yang enggan dikutip namanya mengungkapkan anggaran yang ada dalam pos tersebut memang cukup besar dan mengalami kenaikan dari tahun kemarin.

“Memang naik kalo dibandingkan tahun lalu. Tapi jangan kutip nama aku,” akunya.

“Kalau soal usulan anggaran itu kan urusan dari Sekwan lah. Karena mereka sendiri yang mengajukannya di RAPBD,” tambahnya. (fth)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: