Jangan Miskinkan Kabupaten Induk

Jangan Miskinkan Kabupaten Induk

Rahman: Gubernur Harus Langsung Turun

JAMBI-Wakil Bupati Kerinci, Mohammad Rahman, menegaskan, asset Kerinci yang ada saat ini di Kota Sungaipenuh tidak semuanya harus diserahkan.

                Statement ini disampaikan Rahman terkait polemik asset antara Pemkab Kerinci dan Kota Sungaipenuh yang hingga kini belum menemui titik terang. ‘’Tidak semuanya harus diserahkan,’’ ujar Rahman.

Menurutnya, tujuan dari dimekarkannya Kabupaten Kerinci salah satu tujuannya adalah untuk mempersingkat pelayanan publik. Namun yang terjadi saat ini, jika semua asset diambil, Kerinci akan menjadi kabupaten miskin.

‘’Bukan justru memiskinkan kabupaten induknya. Kalau seluruh asset diambil, sementara kita belum punya apa-apa, pasar juga belum ada, dari mana kita dapat sumber pendapat asli daerah?” katanya.

Oleh sebab itu, terkait rencana judicial review menurutnya juga salah satu langkah yang tepat. Tujuannya untuk mencari solusi untuk menyelesaikan soal ini. “Dari sejumlah daerah yang dimekarkan berbarengan dengan Sungaipenuh, umumnya isinya sama. Padahal keadaan di lapangan berbeda-beda,” jelasnya.

Lantas, bagaimana upaya penyelesaiannya? Menurut orang nomor dua di Kerinci itu, Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA), harus turun langsung menyelesaikan polemik aset antara Pemerintah Kota Sungaipenuh dengan Kerinci yang hingga kini belum juga tuntas.

‘’Dalam urusan ini memang selayaknya dilakukan oleh seorang gubernur. Ini diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2008 tentang Pembentukan Kota Sungaipenuh,’’ sebutnya.

 “Pada Pasal 13 di undang-undang itu sudah jelas. Bisa dilihat disitu,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pasal 31 ayat (5) mengatur bahwa pemindahan personel serta penyerahan aset difasilitasi dan dikoordinasikan oleh gubernur Jambi. Lalu Pada Pasal 31 ayat (8) diatur, apabila penyerahan dan pemindahan aset serta dokumen tidak dilaksanakan oleh bupati Kerinci, gubernur Jambi selaku wakil Pemerintah wajib menyelesaikannya.

     Di sangat yakin, bila penyelesaian masalah ini langsung difasilitasi gubernur bisa langsung selesai. “Saya sangat yakin,” ucapnya.

(pin)

    

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: