Kerinci-Sungaipenuh Bahas Tapal Batas

Kerinci-Sungaipenuh Bahas Tapal Batas

KERINCI- Pemerintah Kota Sungaipenuh dan Pemerintah Kabupaten kerinci Kamis (22/11) kemarin duduk bersama di hotel Mahkota Sungaipenuh.

Perundingan yang diwadahi Pemkot Sungaipenuh kali ini bukan membicarakan masalah asset, namun berunding terkait masalah penentuan tapal batas antara Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci.

Asisten I Bidang pemerintahan dan Kesra Setda Kerinci, Lukman S Sos membenarkan hal tersebut. Menurutnya Pemkot Sungaipenuh mengundang pihak Pemkab Kerinci yang langsung diwakili dirinya untuk membahas masalah tapal batas wilayah Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci.

“Kita diundang untuk membahas tapal batas, agar tidak terjadi kesalahan nantinya. Kebetulan pada tahun ini Pemkot Sungaipenuh ada program pemasangan patok batas kota dan Kabupaten, sehingga mesti ditentukan lokasinya,” ungkapnya.

Dikatakannya, dalam penentuan tapal batas dan pemasangan patok batas Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci tersebut dilakukan dengan cara bertitik tolak pada peta Kota Sungaipenuh yang telah disahkan Undang-undang.

Selain itu, penentuan tapal batas tersebut jua didasarkan atas pelacakan tapal batas yang dibuat pemkot Sungaipenuh, berdasarkan hasil klarisifikasi dari BPN Kota Sungaipenuh dan BPN Kabupaten kerinci. Untuk yang terakhir, penentuan tapal batas ditentukan dengan peninjauan kelapangan.

“Penentuan Tapal batas dan pemasangan patok dilaksanakan dengan menarik titik koordinat batas kota dalam peta, namun dalam prosesnya belum bisa dilaksanakan karena mesti menunggu peninjauan bersama dengan kita,” katanya.

Disampaikannya, selain harus melakukan peninjauan bersama, dalam pertemuan yang digelar pihaknya tersebut juga telah diputuskan bahwa pematokan tapal batas juga akan dilaksanakan secara bersama.

“Pematokan tapal batas yang menjadi program Pemkot Sungaipenuh pada tahun 2012 ini nantinya akan kita laksanakan dan saksikan secara bersama, kita akan tunggu jadwalnya dari kota,” jelasnya.

Asisten I Setda Kota Sungaipenuh, Marshal SH, dikonfirmasi oleh harian ini juga membenarkan hal tersebut. “Iya, kita sama-sama berpedoman pada peta yang telah ada, dan pada Selasa mendatang kita akan sama-sama ceka langsung kelapangan dengan mempedomani peta tersebut,” jawabnya singkat.

(hdi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: