Genset Nyaris Hanguskan Ruko

Genset Nyaris Hanguskan Ruko

MUARA TEBO - Jumat (23/11) sekitar pukul 09.35 WIB kemarin, warga simpang Tugu pasar Muara Tebo, dihebohkan dengan kejadian kebakaran yang melalap isi salah satu ruko bertingkat di kawasan jalan lintas itu.

Ruko Egi Gorden yang diketahui milik Riki bin Kurayasin (30) tesebut diketahui terbakar saat pemilik ruko mendengar ada suara ledakan di lantai atas ruko tersebut.

Informasi yang dihimpun harian ini menyebutkan, kejadian kebakaran tersebut terjadi akibat konsleting arus pendek yang berasal dari mesin Genset yang berada di ruko itu.

Kejadian berawal saat pagi kemarin PLN mati, sehingga salah seorang karyawan ruko yakni Yopri (21) pergi ke lantai atas untuk menghidupkan genset. Setelah menghidupkan genset, Yopri kembali turun ke toko milik Riki yang sehari-hari membuka usaha Gorden.

Tak lama berselang, Yopri mendengar ada suara ledakan kecil dari lantai atas ruko. Penasaran, Yopri dan pemilik ruko pun langsung mengecek ke lantai atas, setelah di cek, mereka kaget setelah melihat api sudah membakar tempat tidur (spring bed) dan juga genset yang diketahui tidak berada jauh dari spring bed.

Melihat kondisi tersebut, Yopri kemudian berusaha memadamkan api, namun besarnya kobaran api yang melalap seisi ruangan lantai atas tak kuasa dibendung.

Selang beberapa saat kemudian, Mobil petugas pemadam kebakaran tiba. Sekitar hampir 30 menit melakukan upaya pemadaman, akhirnya usaha tersebut berhasil.

Sekitar pukul 10.00 WIB, petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan kobaran api. Beruntung kesigapan petugas pemadam kebakaran api tidak merambat ke ruko lain yang berdampingan dengan ruko tersebut, yang diketahui ada 8 ruko.

Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP, Singgih Ketika dikonfirmasi harian ini di lokasi kejadian mengatakan, dari hasil pemeriksaan, penyebab kebekaran diduga akibat konsleting arus pendek genset yang kemudian menyambar tempat tidur.

“Dari hasil pemeriksaan kebakaran disebabkan konslet mesin genset, saat dihidupkan jarak antara genset dan tempat tidur hanya dua meter. Karena jaraknya cukup dekat maka api begitu cepat menyambar ke barang-barang yang berada didekatnya,” ujar kasat Reskrim.

Dirinya menambahkan, akibat kebakaran tersebut, kerugian yang diderita korban diperkirakan mencapai Rp.15 juta .

(rez/jenn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: