Tagih Janji PDAM

Tagih Janji PDAM

Terkait Pengoperasian IPA Tanjung Sari

JAMBI- Warga Kecamatan Jambi Timur  menagih Janji PDAM untuk segera mengoperasikan IPA Tanjung Sari. Pasalnya, warga menilai, ada kesengajaan dalam lambatnya pengoperasian IPA itu.

‘‘Pembangunannya sudah dari 2011 kalau tidak salah ingat. Tapi,  sampai sekarang belum dioperasikan. Kami mempertanyakan dan tagih janjinya. Katanya IPA akan segera dioperasikan supaya daerah kami bisa dialiri air dari PDAM. Tapi di penghujung tahun 2012 IPA belum juga dioperasikan,’‘ kata Heri, warga Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Jambi Timur.

Hal senada juga dikeluhkan oleh Sidik, warga Kelurahan Tanjung Pinang, Kecamatan Jambi Timur. Dirinya mengatakan, PDAM hanya memberikan janji yang tak kunjung terealisasi. ‘‘Kami menunggu apa yang dijanjikan. Katanya bulan 5 kemarin, tapi ini sudah bulan 11 belum juga dioperasikan,’‘ keluhnya.

Padahal, sambungnya, pada musim kemarau lalu, warga sangat kesulitan air bersih karena sumur-sumur warga yang mengering.

‘‘Sekarang memang tidak lagi. Namun kemarin kami sangat kesulitan mendapatkan air bersih karena sumur sudah mengering. Walau sekarang musim penghujan, kami tetap minta dan berharap IPA PDAM itu bisa segera dioperasikan,’‘ ungkapnya.

Junedi Singarimbun, Ketua Komisi B DPRD Kota Jambi, belum lama ini menjelaskan, belum ada serah terima antara PDAM dengan rekanan dan Dinas PU Provinsi. Hal itu menjadi kendala yang membuat IPA belum bisa dioperasikan.

‘‘Dari PDAM-nya belum serah terima. Kalau hasil koordinasi dengan dirutnya PDAM kemarin,  katanya dalam bulan 11 ini. Kita juga mendesak itu supaya cepat karena masyarakat menunggu. Masalah pengecekan dan ujicoba pompa kan tak ada alasan lagi, debit air juga sudah naik dan tinggi. Jadi (pompa, red) bisa dites kapan saja,’‘ katanya.

Dirinya juga menjelaskan, belum selesainya pekerjaan di IPA itu membuat lambatnya serah terima. ‘‘Hasil sidak terakhir, ada kebocoran-kebocoran, maka karena itu belum dilakukan serah terima dari provinsi kepada PDAM,’‘ ujarnya.

Lalu, apakah dirinya merasa optimis jika IPA akan dioperasikan bulan ini? Ia tak memastikannya. ‘‘Kita kemarin sudah ada juga peringatkan langsung malahan ke PU Provinsi supaya PU Provinsi cepat menyelesaikan (pekerjaan di IPA, red) masalah kerusakan yang belum selesai,’‘ akunya.

Seperti diketahui, di IPA induk masih ada kebocoran dan itu merupakan tanggung jawab dari PU Provinsi. ‘‘Yang jelas kita sayangkan sekali pengoperasiannya ini sampai molor beberapa kali. Padahal masyarakat sudah menanti-nanti untuk segera beroperasi. Malahan, pipanisasi sudah dilaksanakan ke Pasir Putih sudah mulai dibuat jalurnya. Kalau bulan ini masih molor, maka sudah yang keempat kalinya ini molor,’‘ sebutnya.

Untuk diketahui, pembangunan IPA Tanjung Sari ini diyakini bisa menampung pemasokan air bersih ke sekitar 6.000 masyarakat Jambi. Khususnya di Kecamatan Jambi Timur dan Jambi Selatan.

(wsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: