Kerupuk Tungkal Beredar di Malaysia

Kerupuk Tungkal Beredar di Malaysia

KUALA TUNGKAL— Kerupuk asli Kuala Tungkal ternyata diminati warga Malaysia. Kerupuk yag memiliki rasa gurih dan garing berasal dari hasil laut seperti ikan dan undang. Pendistribusian kerupuk dilakukan dari Batam, sebelum sampai ke Malasyia. Permintaan tersebut berlangsung sampai saat ini.

             ‘’Kerupuk asal Tungkal bukan yang pajang di pamaren di negeri Jiran, sangat digemari. Bahkan, kami sudah kali mengirim dua  bakul dalam sebulan,’’ ujar Ketua DPD  Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Tanjabbar, Hj Fatimah Oemar, saat Musyawarah Cabang IWAPI VI, Senin (26/11).

            Produksi kerupuk, lanjutnya, dilakukan melalui kelompok industri rumah tangga. Saat ini, terdapat 10 kelompok pengerajin di bawah naungan IWAPI. Kerupuk tersebut dikemas di plastik dengan ragam harga dengan bentuk panjang, bulat dan petak-petak. ‘’Prospeknya sangat bagus karena bahan baku dan proses pembuatannya juga muda. Saat ini, kita sedang tahap pengembangan untuk meningkatkan produksi,’’ jelasnya.

            Selain kerupuk, IWAPI juga mengembangkan kerajinan tissue dan tempat buah dan bordir di kalangan masyarakat. Bukan hanya di perkotaan, tetapi di tingkat desa hingga ranting di 13 Kecamatan.

            ‘’Saat ini, IWAPI telah memiliki 50 ranting  di 13 kecamatan dan memiliki ratusan anggota,’’ tandasnya.

(den/jenn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: