Antisipasi Banjir, 5 Miliar Disiapkan

Antisipasi Banjir, 5 Miliar Disiapkan

Sekda Himbau PPKTB Tertibkan Rumah di Areal Rawan Banjir

KUALATUNGKAL - Untuk mengantisipasi banjir musiman tahun ini, Pemkab Tanjab Barat menyiapkan anggaran tak kurang dari Rp 5 Miliar. ‘’Dana Rp 5 miliar rencananya akan digunakan untuk protap penanganan tanggap bencana dan berbagai perbaikan irigasi yang telah  di progamkan dan akan  dilaksanakan,’’ sebut Sekda Tanjab Barat, Arif Munandar.

            ‘’Kami sudah siapkan protap penanganan bencana baik melalui kesbangpolinmas dan juga dinas sosial sehingga bisa secepatnya mengakomodir kebutuhan masyarakat saat terjadi musibah banjir. Bantuan kebutuhan emergency juga bisa segera sampai kemasyarakat yang terkena musibah,’’ paparnya.

            Dengan kondisi mendekati penghujung tahun, akunya, biasanya terjadi air pasang laut tinggi, yang dibarengi musim penghujan. Karenanya, pihaknya terus mengupayakan agar bisa meminimalisir terjadinya musibah. ‘’Selain pemerintah, kami juga minta agar warga ikut serta waspada dan menjaga sama-sama, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jangan hanya semata-mata musibah yang terjadi dibebankan kepada pemerintah,’’ tegasnya.

            Selain itu, Sekda juga menghimbau PPKTB agar bisa menjaga sekaligus menertibkan keberadaan rumah-rumah dan bangunan yang berada disekitar areal yang dianggap rawan bencana seperti bangunan yang dibangun di bantaran sungai. ‘’Saya minta pihak PPKTB bisa lebih gencar dalam menertibkan bangunan di daerah rawan banjir. Kedepanya kalau menyalahi aturan dan membahayakan jangan sampai diberikan izin,\" tandas Sekda.

(jm/imm/jenn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: