Hypermart Jual Barang Kadaluarsa

Hypermart Jual Barang Kadaluarsa

MUARA BUNGO – inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop)  Dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo menemukan banyak barang-barang makanan yang sudah kadaluarsa. Temuan ini didapatkan di pusat perbelanjaan, Hypermart.

                Barang yang sudah kadaluarsa itu diantaranya, kacang
kulit, kacang telur, permen, cokelat, dan beberapa makanan lainnya. Disamping itu, juga ditemukan barang yang masa berlakunya hanya tinggal menunggu waktu habisnya saja.

Temuan itu, menurut Disperindagkop, akan ditindak lanjuti. Tidak menutup kemungkinan jika Hypermart akan diberikan sanksi jika dalam sidak berikutnya Hypermart terbukti masih menjual barang kadaluarsa.

“Dari hasil inspeksi kali ini, kita memang menemukan makanan
yang banyak kadaluarsa. Seperti roti, permen dan lain sebagainya. Dan makanan yang sudah kadaluarsa ini kami data. Seterusnya dilakukan pengembangan,” ujar sumedi, Kasi Ekspor Impor Dinas Perindagkop Bungo, kemarin.

Dia tidak menyangka, jika perusahaan sebesar Hypermart, masih banyak ditemukan makanan kadaluarsa yang masih dijual. Pihaknya meminta kepada pihak Hypermart, untuk langsung menarik semua barang-barang yang sudah kadaluarsa dan memberitahukan kepada
distributor.

Sementara, pihak Hypermart yang mendampingi sidak itu mengaku, banyaknya barang kadaluarsa disebabkan manajemen yang maih amburadul. “Kami sebenarnya selalu melakukan pengecekan terhadap
barang- barang dan makanan yang ada di sini. Namun memang mungkin komoditinya terlalu banyak. Terkadang ada yang terlewat,” ujar Paramono, pihak Hypermart.

Sementara itu, Filliya Helevica, Peltu Kasi Kefarmasian Bidang Obat dan Makanan, Dinas Kesehatan Bungo menghimbau masyaerakat untuk jeli sebelum berbelanja. Menurutnya, jika tidak teliti, maka akibatnya bisa cukup serius terhadap kesehatan.

“Akibat dari menyantap makanan kadaluarsa ini, bisa saja seseorang akan mengalami mencret, mual, muntah dan pusing. Makanya, kami berharap konsumen lebih teliti dalam membeli makanan,”imbuhnya.

(cr8)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: