Tentara-Geng Narkoba Baku Tembak, Ratu Kecantikan Tewas

Tentara-Geng Narkoba Baku Tembak, Ratu Kecantikan Tewas

MEXICO CITY – Seorang ratu kecantikan berusia 20 tahun menjadi korban saat tentara dan sekelompok orang anggota geng penyelundup narkoba terlibat baku tembak di kawasan pegunungan di Negara Bagian Sinaloa, barat laut Meksiko. 

Saat itu, Maria Susana Flores Gamez sedang melakukan perjalanan mirip adegan dalam film populer berjudul Miss Bala atau Miss Bullet. Film itu berkisah soal hubungan yang tak lazim antara geng narkoba dan para kontestan ratu kecantikan.

Jasad jawara kontes kecantikan 2012 Woman of Sinaloa itu ditemukan Sabtu lalu (24/11) dalam  kondisi tergeletak di sebuah jalan di wilayah pedalaman Sinaloa. Di samping tubuhnya, tergeletak sebuah senapan serbu.

Kejaksaan Sinaloa baru mengumumkan kematian Flores Gamez itu Senin lalu (26/11) waktu setempat atau kemarin WIB (27/11). Tapi, belum dipastikan apakah senjata api itu milik Gamez dan ikut dipakai dalam baku tembak dengan aparat.

’’Yang jelas, saat itu dia bersama anggota geng. Namun, kami belum bisa pastikan apakah dia terlibat dalam kontak senjata,’’ terang Marco Antonio Higuera, kepala Kejaksaan Sinaloa. ’’Dugaan keterlibatannya masih harus diselidiki,’’ lanjutnya.

Perempuan setinggi 174 sentimeter itu memenangi gelar 2012 Woman of Sinaloa pada Februari lalu. Lalu, pada Juli lalu, Flores Gamez bersaing dengan tujuh peserta lainnya dalam kontes kecantikan yang lebih bergengsi, Our Beauty Sinaloa, tetapi gagal menang. Padahal, juaranya bertarung dalam kontes Miss Mexico. Selanjutnya, pemenang kontes ini akan mewakili Meksiko dalam ajang Miss Universe.

Higuera menjelaskan bahwa Flores Gamez berada dalam sebuah mobil yang terlibat aksi kejar-kejaran selama sejam dengan tentara dan kemudian terlibat baku tembak di dekat kota kelahirannya di Guamuchil, Sinaloa. 

Selain Gamez, dua anggota geng atau kartel narkoba ikut tewas dalam baku tembak tersebut. ’’Empat orang lainnya berhasil ditangkap,’’ tutur Higuera. Dia menyebut bahwa jenazah Flores Gamez telah diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan.

Flores Gamez tercatat sebagai mahasiswa jurnalistik di sebuah universitas lokal.Dia juga berprofesi sebagai model sejak 2009.

Dia pun menjadi ratu kecantikan ketiga yang diduga kuat terkait dengan kartel narkoba. Sebelumnya, mantan Miss Sinaloa Laura Zuniga juga terlibat kasus serupa.

Mahkota Hispanoamerican Queen 2008 milik Zuniga pun terpaksa dicopot setelah dia ditahan atas dakwaan pelanggaran obat bius dan senjata. Zuniga dipenjara di barat Meksiko pada akhir 2010 bersama tujuh pria yang diduga sebagai anggota geng penyelundup narkoba.

Pada 2011, seorang mantan model dan kontestan ratu kecantikan asal Kolombia juga ditahan bersama Jose Jorge Balderas, anggota geng narkoba dan pelaku penembakan mantan bintang sepak bola Salvador Cabanas dari Paraguay. Tetapi, dia kemudian dibebaskan.

 (AP/cak/dwi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: