Polres Gelar Operasi Zebra Siginjai

Polres Gelar Operasi Zebra Siginjai

MUARASABAK - Mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas di Tanjab Timur. Mapolres Tanjab Timur menggelar Operasi Zebra Siginjai Tahun 2012. Gelar pasukan ini dipimpin langsung Kapolres Tanjab Timur, AKBP Armawan Suwasono.

             ‘’Kegiatan ini nantinya selain mengurangi jumlah laka lantas juga mengurangi pelanggaran lalu lintas, dan masyarakat lebih tertib lagi ketika berkendara dengan melengkapi atribut kebutuhan kendaraan bermotor,’’ ujar Kasat Lantas Mapolres Tanjab Timur, AKP Muslim, kemarin (28/11).

            Diungkapkannya,  dalam Operasi Zebra Siginjai akan sangat berbeda dari sebelumnya. Perbedaan terletak pada penegakan hukum berupa tindakan hanya berjumlah 20 persen saja. Sedangkan sisanya bersifat preventif atau sebanyak 80 persen. ‘’Sebelumnya kan Operasi Zebra Siginjai mayoritas berupa tindakan penegakan hukum. Ini untuk menarik simpati masyarakat,’’ bebernya.

            Namun, lanjutnya, penegakan hukum masih akan dikenakan kepada kendaraan yang menyebabkan laka lantas. Selain itu, dalam kegiatan tersebut nantinya, pihak Mapolres tetap akan mengadakan sosialisasi berlalu lintas bagi pengendara. ‘’Ada juga polisi anak, patroli kemanan sekolah dan polisi go to school,’’ katanya.

            Dalam Operasi Zebra Siginjai, tambah Muslim, tetap akan menggelorakan kampanye jadilah pelopor keselamatan berlalulintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Apalagi dari kampanye itu telah membuahkan hasil. ‘’Saat ini angka laka lantas di Indonesia turun 20 persen,’’ bebernya.

            Dalam Operasi Zebra yang digelar Mapolres Tanjab Timur, diikuti oleh 45 personil Mapolres yang berasal dari sat lantas dan satuan lainnya di Mapolres Tanjab Timur. ‘’Kegiatan akan dilakukan mulai 28 November 2012 hingga 11 Desember 2012,’’ tandasnya.

(yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: