Siapkan Ribuan Bibit Sawit

Siapkan Ribuan Bibit Sawit

Pengadaan Bibit 2013

JAMBI-Kabar gembira bagi petani sawit di Provinsi Jambi. Tahun 2013 mendatang, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Jambi sudah menyiapkan sebanyak 250 ribu kecamba sawit untuk petani.

Dari 250 ribu itu, 200 ribu dibantu dari dana APBN sedangkan 50 ribu dari dana APBD Provinsi Jambi. Kemungkinan yang akan menjadi bibit sawit sekitar 85 persen dari total keseluruhan jumlah kecamba yang disiapkan.

‘’Berdasarkan kecamba yang disiapkan dari dana APBN itu, yang mungkin akan menjadi bibit sekitar 150 ribu batang. Nah itulah yang nantinya akan disalurkan sekitar Juli 2013 mendatang. Sedangkan kecamba yang dianggarkan APBD, yang akan menjadi bibit sekitar 37.500 batang,’’ jelas Kasi Perbenihan Disbun Provinsi Jambi Maulana saat dikonfirmasi koran ini, kemarin.

Untuk bibit yang dianggarkan di APBN, sambungnya, yang akan menerimanya adalah petani-petani yang diusulkan oleh Dinas Perkebunan kabupaten/kota, yang memilikin lahan. ‘’Ini sebagai pengganti tanaman yang dianggap rusak. Nantinya, Diberikan kepada petani tersebut sebanyak 250 batang perorang secara gratis,’’ tambahnya.

Lantas, bagaimana dengan bibit yang dianggarkan di APBD? Menurut Maulana, untuk bibit yang dianggarkan di APBD, yang berhak menerimanya adalah petani yang mengajukan permohonan langsung ke Disbun Provinsi Jambi.

‘’Kalau untuk bibit ini juga diberikan sebanyak 250 batang per orang, namun dijual dengan harga subsidi Rp 12.500 per batang,’’ jawabnya.

Kabupaten – kabupaten yang akan disalurkan bibit sawit tersebut adalah Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

‘’Ini adalah sebagai antisipasi dari Disbun agar nantinya tidak ada lagi petani-petani yang mengeluh mengenai tanaman yang sudah rusak,’’ pungkasnya.

( cr9 )

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: