Realisasi Anggaran dan Fisik Belum Optimal

Realisasi Anggaran dan Fisik Belum Optimal

SUNGAIPENUH – Memasuki bulan Desember tahun 2012, jumlah realisasi anggaran dan fisik di Pemkot Sungaipenuh dan Pemkab Kerinci masih belum optimal.

Data dari Dinas Pengelola Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Sungaipenuh awal November, realisasi anggaran pada setiap SKPD baru mencapai 61,69 persen atau Rp 125 Milyar  dari total anggaran belanja modal Rp 557 Milyar.

“Persen realisasi anggaran itu per catur wulan ketiga,” kata Kabid Pengelola Keuangan DPPKAD Abdul Gafar, ketika dikonfirmasi harian ini, kemarin.

Ia mengatakan, untuk realisasi anggaran pada belanja proyek fisik yaitu, dari jumlah total anggaran sebanyak Rp 197 Milyar realisasi daya serap anggaran baru mencapai 35 persen. Hanya saja dirinya tidak menjelaskan jumlah detail karena belum adanya laporan terbaru dari SKPD.

Dirinya mengaku optimis saat ini realisasi anggaran dan fisik ini telah jauh meningkat, karena selama November ini banyak proyek fisik yang telah selesai di Kerjakan, dan laporan bulan November akan masuk pada awal Desember mendatang.

          Kabag Pembangunan, Setda Kerinci, Askar Jaya, dikonfirmasi harian ini melalui telepon selulernya mengatakan, hingga saat ini jumlah realisasi anggaran dan fisik di Pemkab Kerinci saat ini diperkirakan telah mencapai lebih dari 70 persen dari jumlah anggaran Rp. 700 Miliyar lebih.

          “Kondisi serapan anggaran dan fisik saat ini kita belum tahu, karena belum ada laporan terbaru dari SKPD, diperkirakan seudah lebih dari 70 persen atau 80 persen dari total 700 Miliyar lebih,,”ujarnya.

Askar Jaya mengaku optimis realisasi anggaran ini akan tercapai hingga akhir tahun ini, dengan target sebanyak 98 persen. Menurutnya mayoritas pencairan yang belum dilakukan adalah dana BOS, dan dana yang bersumber dari pemerintah pusat, karena petunjuk tekhnis dari pusat terlambat diturunkan ke daerah.

          Sementara untuk realisasi fisik, katanya, saat ini mayoritas setiap SKPD tengah melakukan pengerjaan proyek. Ia mengaku, pengerjaan fisik terbesar yaitu di Dinas PU Kerinci.

          “Kalau untuk fisik, itu paling besarnya di PU, saat ini PU tengah mengerjaan proyek-proyek fisik tersebut. Hari Senin mendatang laporan untuk bulan November dari SKPD akan masuk, disitu akan jelas berapa realisasinya sekarang,”tukasnya.

Realisasi Anggaran Tahun 2012 Sudah 75 Persen

SAROLANGUN-Realisasi anggaran pemerintah kabupaten sarolangun sepertinya sudah mulai terrealisasi semua, meskipun sekarang per oktober kemarin baru terealisasi tujuh puluh lima persen, pihak pemerintah kabupaten sarolangun optimis itu akan terealisasi dengan baik, ini disampaikan Muswarsyah kepala dinas pendapatan pengelolaan dan aset daerah (DPPKAD) Sarolangun pada harian ini kemarin (27/11).

“berdasarkan data bulan kemarin (oktober, red) sudah terrealisasi tujuh puluh lima persen, dan belum termasuk bulan nopember ini, dengan waktu dua bulan ini saya harap akan terrealisasi dengan baik,” ujar Muswarsyah.

Dikatakan Muswarsyah, jika ada dinas atau istansi yang belum merealisasikan anggaran-anggaran di istansinya masing-masing, maka jangan harap anggaran yang sudah di tetapkan semula akan kita cairkan semua, “kita akan cairkan sesuai realisasi di lapangan,” katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: