Jalan Tanjung Syam Banjir

Jalan Tanjung Syam Banjir

KERINCI- Tidak hanya lahan persawahan, banjir juga merendam sejumlah jalan dalam Kabupaten Kerinci. Seperti yang terjadi di jalan Tanjung Syam, Kecamatan Gunung Raya, yang saat ini terendam oleh air.

            Informasi yang dikumpulkan harian ini banjir yang terjadi di jalan tersebut merupakan banjir yang kesekian kalinya terjadi. Pasalnya jalan tersebut merupakan jalan yang sangat rentan akan digenangi air, terutama saat curah hujan tinggi.

Kondisi ini tentu saja membuat aktivitas pengguna jalan yang melewati jalan yang menghubungkan Kecamatan Keliling Danau dan Gunung Raya tersebut menjadi terhambat.

            Sono, salah seorang guru pengguna jalan membenarkan ketika hujan jalan tersebut selalu digenangi air, seperti yang terjadi saat ini. Kondisi tersebut membuat laju kendaraan seluruh pengguna jalan sering terhenti, bahkan semua pengguna jalan enggan untuk melewatinya.

            Hal tersebut lah yang membuat aktivitas pengguna jalan, seperti guru yang mengajar di Gunung raya menjadi terhambat. Sehingga aktivitas sekolah pun sering terganggu karena masalah tersebut.

            “Kalau hujan jalan disini (jalan Tanjung Syam,red) pasti banjir, hal itulah yang sering membuat guru memutar balik kendaraannya. Ada yang pulang dan ada yang beralih kejalan Batang Merangin yang jaraknya jauh. Secara otomatis kegiatan belajar menjadi terganggu,” ucap Sono.

            Dikatakannya, genangan air yang besar berasal dari drainase dan pipa air yang berada tepat disamping dan dibawah jalan yang meluap ketika hujan turun. Luapannya cukup besar, sampai tidak bisa dilalui lagi.

            “Bagaimana kita mau lewat kalau airnya tinggi, bahkan merendam setengah badan motor. Kalau mau lewat juga bisa-bisa kita celaka, motor kita bisa rusak,” ucapnya.

             Sementara itu Junaidi, salah seorang warga Desa Tanjung Syam membenarkan  banjir memang sering terjadi dijalan desanya. Kondisi tersebut telah terjadi sejak lama, namun hingga saat ini belum ada perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci untuk memperbaikinya.

            Untuk itu, selaku warga dan pengguna jalan pihaknya berharap agar Pemkab Kerinci bisa mengantisipasi kondisi tersebut agar tidak mengganggu aktivitas warga lagi.

            “Kami berharap Pemkab Kerinci bisa segera mengatasi masalah ini, karena sangat mengganggu para pengguna jalan dan warga sini,” harapnya.

(rco/jenn) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: