Akhir Tahun, XL Targetkan Tambah 1,5 juta Pelanggan Baru

Akhir Tahun, XL Targetkan Tambah 1,5 juta Pelanggan Baru

SURABAYA-Pergantian tahun tinggal sebulan lagi. Itu tidak berarti operator seluler menunggu tahun baru untuk menjaring pelanggan baru sebanyak-banyaknya. Contohnya, PT XL Axiata Tbk wilayah East Region menargetkan menjaring 1,5 juta pelanggan baru di bulan pemungkas ini.

General Manager Sales Operational XL East 1 Desy Sari Dewi mengatakan strateginya adalah skema tarif baru XL-ku. Tarif baru itu untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda di setiap daerah.

\"Jadi tarif baru XL-ku menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Intinya, tarif baru ini lebih murah daripada tarif XL sebelumnya,\" katanya di sela perkenalan tarif XL-ku untuk wilayah East Region di Surabaya Town Square, kemarin (4/12).

Contohnya, Surabaya, Malang dan Bima, tarif menelepon dipatok Rp 69 per menit, sementara di wilayah Madura, tarifnya Rp 50 per menit. Sedangkan tarif sms dan data mengikuti skema XL-ku.

Desi menambahkan adanya tarif baru ini, XL juga meluncurkan kartu perdana baru XL-ku menggantikan kartu perdana Sensasi yang dipakai sebelumnya. Untuk tahap awal di wilayah East Area yang meliputi wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara, XL meluncurkan sedikitnya 3 juta kartu perdana baru.

Desi menyebut sampai kuartal III 2012 jumlah pelanggan XL East Area tercatat 10 juta. Dia pun menyebut skema tarif baru ini untuk membidik pengguna operator lain. \"Pengalaman program XL Super Ampuh sekitar 90 persen kartu perdana yang dilempar ke pasar langsung aktif,\" ujarnya.

General Manager Finance and Management Services XL East Region, Adi Yuharman menambahkan secara revenue pertumbuhan industri operator masih positif meskipun, agak lambat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pendapatan dari voice dan SMS banyak turun, sebaliknua revenue data tumbuh luar biasa. \"Meskipun kontribusi data terhadap total revenue masih kecil,\" jelasnya.

Kontribusi voice membukukan 55 persen, disusul SMS,25 persen, dan, data, 20 persen. Secara nasional, dari jumlah pelanggan 42 juta sekitar 25 juta adalah pelanggan data. Tahun ini, XL membangun 10 ribu  BTS baru dengan 60 persennya adalah BTS 3G (Node B).\"Jumlah pelanggan East Area XL pertumbuhannya paling bagus yakni 30 persen, dibandingkan daerah lain tidak sampai segitu. Apalagi kalau ada program bonus voice dan SMS pertumbuhannya cepat. Kontribusi Jatim sekitar 60 persennya,\" paparnya.

(dio)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: