Desember Perekrutan PPK dan PPS

Desember Perekrutan PPK dan PPS

JAMBI – KPU Kerinci pada pertengahan Desember ini akan melakukan Perekrutan Panitia Pemilihan Kecataman (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Kerinci, Mulfi kepada harian ini mengatakan, saat ini pihaknya tengah disibukkan dengan tahapan persiapan yakni, penyusunan program dan rencana anggaran.

“Pada pertengahan Desember ini kita baru melakukan perekrutan PPK dan PPS,” katanya kemarin.

Kemudian untuk pleno penetapan jadwal dan tahapan akan dilakukan setelah ditandatanganinya Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Bupati dan Ketua KPU Kerinci.

Sedangkan untuk tahapan murni akan dimulai dengan pemutakhiran data pemilih oleh PPS dan PPDP dibulan Januari 2013 mendatang. Sebelum dimutakhirkan, Pemkab tentunya akan melakukan penyerahan DP4 kepada KPU yang direncanakan pada 09 Desember ini.

“Hari pemungutan suara itu 04 Juli 2013. Tapi semua tahapan itu tergantung dengan kesiapan anggaran, kita lihat apakah DPRD akan memutuskan sesuai dengan kebutuhan KPU atau tidak, sebanyak Rp 14,5 Milyar. Kalau kurang, Pemilukada akan kita tunda. Anggaran baru dibahas Desember ini,” tuturnya.

Sementara itu, tahapan pendaftaran kandidat akan dimulai dengan kandidat perorangan dibulan April. Mei pendaftaran kandidat dari partai politik atau gabungan partai politik.

“Bagi kandidat perorangan, syaratnya harus mengantongi dukungan minimal 6,5 persen dari jumlah penduduk Kerinci. Tapi belum bisa kita pastikan berapa jumlahnya, karena masih menunggu data dari Disdukcapil,” tandasnya.

(cas)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: