Soal Jalan, Pemprov Sudah Tanggap

Soal Jalan, Pemprov Sudah Tanggap

MUARASABAK – Anggota DPRD Tanjab Timur, Yudi Hariyanto, menegaskan tidak benar bila Pemprov Jambi tidak tanggap terhadap jalan yang menghubungkan Kecamatan Sabak Timur-Rantau Rasau, terkait belum dilakukannya pengaspalan jalan milik provinsi itu. ‘’Harusnya kita ucapkan terimakasih kepada pemprov. Walaupun pengaspalan dilakukan bertahap tapi kan sudah ada itikad baik dari pemprov,’’ ujarnya, kemarin (4/12).

            Dikatakannya, apalagi saat ini jalan miliik provinsi itu sedang dilakukan ke dalam tahap pengaspalan sepanjang tiga kilometer. ‘’Tahun 2013 Tanjab Timur pun akan ada penganggaran lagi jalan milik provinsi untuk peningkatan jalan,’’ katanya.

            Ditambahkannya, Pemprov Jambi tahun ini telah melakukan pembangunan konblok di depan Hotel Santi sepanjang 150 meter yang setiap tahun selalu dianggarkan. ‘’Itu pun berasal dari APBD provinsi,’’ terangnya.

            Terpisah, Ari Suryatno, tokoh masyarakat Tanjab Timur, mengatakan telah terjadi kekeliruan dari pejabat pemerintah yang selalu mengeluhkan tanggapan mengenai pengaspalan jalan milik provinsi. ‘’Saya kira itu tidak perlu dibesarkan, karena akan mengundang polemik seolah Pemprov Jambi tidak tanggap,’’ bebernya.

            Dia berharap seorang pejabat publik tidak mengeluarkan pernyataan yang menyudutkan. Karena pernyataan pejabat publik akan langsung direspon oleh masyarakat, bahwa memang benar pihak provinsi seolah tutup mata dalam pengaspalan jalan milik provinsi. ‘’Kerjakanlah apa yang menjadi kewenangan masing-masing. Jangan lantas menyalah si A atau si B,’’ bebernya.

            Terpisah, Kadis PU Provinsi Jambi, Ivan Wirata, melalui Widodo selaku PPTK Wilayah II Kabupaten Tanjab Timur dan Muaro Jambi, menegaskan setiap tahunnya provinsi selalu menggarkan dana untuk jalan milik provinsi di kabupaten. ‘’Kami sesuaikan dengan anggaran dalam perbaikan jalan di Tanjab Timur dengan APBD maupun APBD Perubahan,’’ katanya.

            Untuk tahun ini, sambungnya, Dinas PU Provinsi Jambi melakukan baik pengaspalan maupun pengerasan jalan di Tanjab Timur, diantaranya, perbaikan jalan dari Simpang Plabi-Simpang Lagan sepanjang tiga kilometer, perbaikan jalan dari Simpang Lagan-Plabi sepanjang dua kilometer, pengaspalan jalan dari Simpang Plabi-Muara Sabak Dermaga sepanjang 2,5 kilometer. ‘’Nibung Putih kami lakukan pengerasan jalan, begitu juga Muara Sabak/Dermaga-Desa Rantau Rasau sepanjang 3,5 kilometer dengan menggunakan APDB Perubahan,’’ paparnya.

            Untuk tahun 2013, tambahnya, Dinas PU Provinsi Jambi pun telah merencanakan program perbaikan maupun pengaspalan jalan di Tanjab Timur sepanjang 7 hingga 9 kilometer, termasuk pembukaan jalan menuju Pelabuhan Ujung Jabung. ‘’Jalan milik provinsi di kabupaten kami selalu berusaha untuk menganggarkan karena merupakan pekerjaan rutin, tentunya disesuaikan dengan anggaran yang telah ada,’’ tandas Widodo.

(yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: