Pemprov Koordinasi ke MK

Pemprov Koordinasi ke MK

JAMBI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, hari ini (5/12) mengaku, akan melakukan koordinasi ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan judicial review pulau Berhala. Hal ini disampaikan Kepala Biro (Karo) Hukum Setda Provinsi Jambi, Jailani, ketika dikonfirmasi harian ini.

                Menurutnya, hari ini, Pemprov melakukan koordinasi dengan alasan akan mempertanyakan kelanjutan siding gugatan Pemprov soal status Berhala tersebut.  Pasalnya, sidang lanjutan soal Berhala ini sudah terlalu lama terbiarkan. Sehingga, pihak Pemprov akan berupaya mendesak MK agar segera melakukan lanjutan sidang tersebut.

“Besok (hari ini, red) kita (Pemprov, red) akan melakukan koordinasi dengan panitera MK. Koordinasi ini kita lakukan agar MK melakukan percepatan kelanjutan sidang ini dan kita minta percepatan putusan,” katanya.

Sejauh ini, bagaimana kejelasan pulau Berhala memang masih dipertanyakan oleh masyarakat. Sebelumnya, jailani mengaku, Pemprov sudah menyurati MK agar melanjutkan sidang ini. Akan tetapi, hingga saat ini, pihaknya belum mendapakan kabar mengenai realisasi lanjutan sidang tersebut.

“Makanya kita akan datang langsung dan melakukan koordinasi dengan tujuan kita akan mempertanyakan langsung masalah kelanjutan ini agar bsia terealisasi,” sebutnya.

Ditanya soal keyakinan Pemprov untuk menang dalam gugatan ini? Jailani mengaku, Pemprov optimis menang dalam perkara ini. “Karena kita yang mengajukan jadi kita optimis. Tapi kita tak mau mendahului putusan,” tukasnya.

Sayangnya, ketika ditanya lebih lanjut, apa saja bukti yang sudah dibawa Pemprov sehingga meyakini bahwa sidang gugatan judicial review itu akan dimenangkan pihaknya, dia tak benyak menjawab. “Banyak bukti yang sudah kita bawa. Pokoknya, nanti kita akan kabarkan perkembangannya,” katanya singkat.

Sementara itu, dikonfirmasi sebelumnya, Wakil Gubernur Jambi, H Fachrori Umar, mengungkapkan hal yang sama. Dirinya mengaku, optimis jika dalam sidang gugatan itu, Pemprov akan menang. “Insya Allah kita menang dan kita tetap optimis,” ujarnya.

Ditanya apa yang membuatnya merasa optimis bisa menang? Ia mengatakan, banyak indicator yang membuat pihaknya yakin akan menang. “Berdasarkan penyampaian yang sudah diberikan tim ahli sebelumnya, sepertinya kita optimis akan menang dan dengan dalil serta alasan yang disampaikannya, kita sangat optimis kalau kita menang,” tandasnya.

(wsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: