Banjir, 20 Ton Beras Telah Disiapkan

Banjir, 20 Ton Beras Telah Disiapkan

MUARASABAK – Sekda Tanjab Timur, Darminto, mengatakan Pemab Tanjab Timur telah menyiapkan sebanyak 20 ton beras untuk warga yang menjadi korban bencana banjir di Tanjab Timur. ‘’15 ton berasal dari Dinasosnakertrans dan lima ton berasal dari Dispertan,’’ katanya.

            Dikatakannya, satuan kerja khusus dalam penanggulangan bencana di Tanjab Timur seperti Dinsosnakertrans, Satlak Penanggulangan Bencana pun telah dipersiapkan jauh-jauh hari menghadapi bencana banjir di Tanjab Timur. ‘’Nantinya satuan khusus ini selain memberikan bantuan kepada korban banjir, juga memberikan penyaluran bantuan berupa makanan dan pakaian,’’ katanya.

            Sebelum musim hujan pun, lanjutnya, pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum telah melakukan pembersihan gorong-gorong agar tidak terjadi sumbatan yang disebabkan sampah. Sehingga tidak terjadi peluapan air hujan. ‘’Beberapa wilayah talah kami lakukan pembersihan gorong-gorong,’’ terangnya.

            Selain itu, tambahnya, Puskesmas pun telah disiagakan dengan menyiapkan obat-obatan bagi warga yang terkena korban banjir. Obatan-obatan itu berupa serum bisa ular, serum kelabang dan obat-obatan bagi penyakit musim hujan. ‘’Kami juga telah menyiagakan beberapa posko banjir dibeberapa daerah rawan banjir,’’ jelasnya.

            Diungkapkannya, beberapa daerah di Tanjab Timur yang menjadi daerah rawan banjir antara lain, Kecamatan Berbak, Dendang dan Rantau Rasau. ‘’Kami telah menyiapkan daerah yang dataran tinggi sebagai tempat evakuasi bencana banjir di Tanjab Timur,’’ tandasnya.

(yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: