KPU Mulai Lakukan Verifikasi

KPU Mulai Lakukan Verifikasi

SUNGAIPENUH - Proses verifikasi faktual partai politik (parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) 2014 di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sungaipenuh terus dilakuan.

Sebelumnya, 18 parpol yang dinyatakan tidak lolos administrasi, tampaknya masih memiliki peluang untuk menjadi peserta pemilu. Pasalnya berdasarkan keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pusat, 18 parpol tersebut diminta untuk diverivikasi untuk faktualkan.

Ketua KPUD Sungaipenuh, Raisul Jamal Jahidin, ditemui harian ini mengatakan, saat ini kegiatan di KPU sedang melakukan proses verifikasi parpol. Parpol yang diverifikasi terdiri dari dua bagian, yang pertama 16 parpol dan kedua 18 parpol.

“Ya, untuk 16 parpol yang lolos administrasi sedang berjalan proses verifikasinya. Sementara 18 parpol yang sebelumnya tidak lolos administrasi, diminta untuk difaktualkan oleh DKPP,” terangnya.

Dikatakannya, untuk 16 parpol diberikan waktu perbaikan persyaratan sejak 27 November hingga 3 Desember. Kemudian baru dilakukan tahapan verifikasi dimulai 4 Desember hingga 17 Desember 2012. Setelah itu dilanjutkan rapat pleno ditingkat daerah pada 18 hingga 19 Desember 2012.

“Setelah peleno tingkat daerah, dilanjutkan pleno tingkat provinsi pada 30 hingga 31 Desember, baru setelah itu pleno tingkat pusat 6 hingga 8 Januari 2013 mendatang,” terangnya.

Sementara untuk parpol-parpol yang dinyatakan lolos verifikasi faktual dan sebagai peserta pemilu, akan diumumkan pada 9 Januari 2012, setelah rapat pleno tingkat pusat.

Sedangkan untuk 18 parpol yang sebelumnya tidak lolos administrasi dan diminta DKPP memfaktualkan, proses verifikasinya dimulai 5 Desember hingga 11 Desember 2012, kemudian dilanjutkan perbaikan persyaratan tanggal 14 hingga 18 Desember. Setelah itu dilakukan lagi verifikasi pada 18 hingga 28 Desember.

“Sedangkan rapat plenonya dilakukan pada tanggal 29 hingga 30 Desember, kemudian akan diumumkan pada tanggal 9 Januari 2013, bersamaan dengan pengumuman 16 parpol tadi,” ujarnya.

Ditanya, apa-apa saja kendala petugas KPU dalam proses verifikasi sejauh ini? dia mengaku, hingga saat ini belum ada kendala yang berat.

“Belum ada kendala, karena prosesnya baru dimulai. Semua tim verifikasi langsung turun ke lapangan, mengecek langsung ke kantor tiap-tiap parpol,” terangnya.

(hdi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: